Breaking News

Kamera Xiaomi Mi6 Bisa Membuat Foto Makin Cantik Tanpa Perlu DSLR

 

thayyibah.com :: Akhirnya Xiaomi resmi meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka, Xiaomi Mi6, Rabu, 19 April 2017 kemarin. Beberapa fitur baru diperkenalkan, seperti anti air, bagian belakang yang mengkurva pada keempat sisinya, hingga dual-camera yang menjanjikan teknologi seperti iPhone 7. Xiaomi juga sudah memperlihatkan seperti apa kecanggihan kamera Xiaomi Mi6 tersebut.

Xiaomi Mi6 mengggunakan sensor kamera terbaru dari Sony, yaitu Exmor RS IMX386. Bukan hanya satu, melainkan pada konfigurasi dual-camera 12 MP, dengan ukuran sensor masing-masing 1/2.9-inchi, ukuran lensa 27mm, ukuran pixel 1.25 µm bukaan f/1.8, didukung OIS 4-axis. Lensa kedua yang berfungsi memberi dukungan fungsi telephoto ukurannya lebih besar, 52mm, namun ukuran pixelnya hanya 1.0 µm, dengan bukaan f/2.6. Kedua lensa memiliki fokus phase detection, lampu kilat dual-LED (dual tone).

Dengan konfigurasi tersebut, kalian pengguna Xiaomi yang selama ini pasti paham kekurangannya dalam pemotretan low-light, bakal terbayar dengan lensa yang lebih canggih. Lensa yang memiliki bukaan f/1.8 tersebut dipastikan memberi ruang lebih untuk masuknya cahaya. Ditunjang juga adanya optical-image stabilizer, pemotretan dalam kondisi minim cahaya akan terbantu dengan meminimalkan goyangan tangan.

Selain itu, adanya lensa telephoto pada kamera keduanya memungkinkan penggunanya melakukan zoom optic sejauh 2X, atau lossless zoom, selain juga bisa bergantung pada 10X digital zoom seperti yang sudah jamak kita temui dalam tipikal kamera smartphone.

Optical zoom menjadi solusi untuk mengambil foto obyek yang jauh menggunakan zoom, namun dengan hanya sedikit kompensasi penurunan kualitas foto.
Optical zoom menjadi solusi untuk mengambil foto obyek yang jauh menggunakan zoom, namun dengan hanya sedikit kompensasi penurunan kualitas foto.

Fitur tersebut akhirnya menempatkan Xiaomi Mi6 ini sebanding dengan Asus Zenfone 3 Zoom, yang juga menerapkan konfigurasi dual-camera yang sama dengan sensor sekundernya untuk fungsi telephoto.

Berikut beberapa contoh foto yang diambil menggunakan Xiaomi Mi6.

Fungsi telephoto itu pun juga menyejajarkannya dengan iPhone 7 Plus (bukan iPhone 7 ya), yang harga termurahnya di Indonesia mencapai Rp14 juta, meskipun secara teknologi, sensor Sony Exmor yang digunakan Apple di iPhone 7 Plus termasuk jadul. Dan seperti iPhone 7, kombinasi kameranya memungkinkan kalian menghasilkan foto ala SLR dengan depth of field yang dalam.

Selain itu, Xiaomi juga melakukan pendekatan yang sama seperti LG G6. Flagship LG ini memanfaatkan dual-cameranya lebih untuk pemotretan wide-angle. Lensa pada sensor pertama kamera Xiaomi Mi6 juga merupakan lensa landscape (wide-angle). Dibekingi dengan optical image stabilizer 4 sumbu, ukuran pixel 1.25μm dan bukaan lensa f/1.8, lensa utamanya ini sudah cukup memberi kalian fitur pemotretan wide-angle ala fotografi profesional. Sayangnya, sejauh ini belum jelas apakah OIS ada pada kedua lensa kameranya, atau hanya pada lensa pada sensor kamera utama.

Fitur lainnya kamera Xiaomi Mi6 yang diungkapkan selama presentasi Xiaomi kemarin antara lain:

Dukungan fokus Phase Detect AF

– Teknologi Dark Light Enhancement

– Teknologi High Dynamic Range Adjustment

– Panorama Mode

– Continuous Shutter Mode

– Face Recognition

Selain fitur telephoto, Xiaomi Mi6 juga meminjam mode pemotretan yang sudah jamak di mata pengguna iPhone 7 Plus. Disebut Portrait Mode, fitur ini sebelumnya dikenal hanya untuk iPhone 7 Plus (walaupun beberapa smartphone milik Huawei dengan dual-cameranya juga mampu melakukannya).

Seperti apa sih mode Portrait? Lihat melalui beberapa gambar berikut:

Mode ini ideal digunakan di luar ruangan, dan menggunakan kombinasi hardware dan software, kalian bisa mengambil foto sambil secara luas mengaburkan latar belakangnya, sehingga didapatkan efek bokeh yang keren dari tipikal kamera DSLR.

Xiaomi Mi6 juga didukung dengan algoritma foto baru Xiaomi yang mereka terapkan pertama kali pada Xiaomi Mi5c. Algoritma ini diklaim mampu meningkatkan sensitifitas kamera dalam menangkap cahaya hingga 150%. Kemudian ada manajemen noise untuk mengurangi banyaknya noise dalam masing-masing frame, sambil tetap menjaga detail gambarnya.

Kamera Xiaomi Mi6 juga memiliki mode HDR yang diklaim menjadi filer yang sangat kuat selama pemotretan, mampu mengurangi detail yang terlalu overexpose, terutama karena efek paparan cahaya matahari, sambil mencerahkan bagian yang gelap obyek pemotretan.

Sumber: duniaku.net

About A Halia