Breaking News

Iwan Onthel, Hobi Unik Barang Antik

Iwan Onthel
Iwan Onthel

Saat ini, hobi mengumpulkan barang jaman dulu (jadul) mungkin dibilang “gila”. Tapi itulah yang dilakukan oleh Iwan Onthel, pria berusia 38 tahun.

IMG_20170403_192059Di rumah pria yang bernama Dwi Sulistiawan ini di Jalan H. Agus Salim, Bekasi, bertumpuk ratusan jenis barang-barang jaman dahulu. Sepeda, barang-barang elektronik, perlengkapan rumah dan kantor, poster film, foto tokoh, iklan, reklame dan sebagainya.

IMG_20170403_192320Bermula dari kesenangannya mengejar Sepeda Onthel sekitar sepuluh tahun lalu, kelamaan keinginan mengumpulkan barang-barang lain datang juga. Karena gemarnya mengumpulkan Sepeda Onthel ini, maka  ‘Onthel’ disematkan di belakang namanya.

Iwan kini berniat mengumpulkan referensi tentang barang-barang koleksinya. “Supaya jika orang bertanya tentang fungsi dan sejarahnya saya bisa memberikan jawabannya,” demikian alasan Iwan.

IMG_20170403_192708Iwan, sepertinya membutuhkan sebuah ruang sehingga barang-barang koleksinya bisa tertata rapih dan terawat. Juga, pengunjung yang ingin “menikmati” koleksi barang-barang antiknya bisa nyaman sekaligus bisa belajar.

IMG_20170403_193045Ya, apa yang kita nikmari dewasa ini adalah bagian dari masa lalu. Dan, Iwan Onthel sedang membantu kita untuk memahami masa lalu itu.

About Darso Arief

Lahir di Papela, Pulau Rote, NTT. Alumni Pesantren Attaqwa, Ujungharapan, Bekasi. Karir jurnalistiknya dimulai dari Pos Kota Group dan Majalah Amanah. Tinggal di Bekasi, Jawa Barat.