Breaking News

Ini 10 Kerjasama RI-Arab Saudi yang Disepakati di Istana Bogor

Raja Salman di Istana Bogor. ©2017 Biro Pers Setpres
Ini 10 kerjasama RI-Arab Saudi yang disepakati di Istana Bogor. Penandatanganan nota kesepahaman dimulai dengan deklarasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi perihal peningkatan pimpinan sidang komisi bersama. Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi yang membubuhkan tandatangan untuk bidang ini.

 

thayyibah.com :: Kerajaan Arab Saudi dan pemerintah Indonesia resmi melakukan kerjasama di sepuluh bidang. Kerjasama antara Arab Saudi dan Indonesia ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh sembilan menteri maupun perwakilan dan masing-masing Kepala Kepolisian antara dua negara.

Penandatanganan nota kesepahaman dimulai dengan deklarasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi perihal peningkatan pimpinan sidang komisi bersama. Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi yang membubuhkan tandatangan untuk bidang ini.

Kerjasama kedua, yaitu disepakati soal pendanaan oleh Arab Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan antara Saudi Fund For Development dan pemerintah Republik Indonesia ditandatangani oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani dan Wakil Direktur Saudi Fund For Development.

Nota kesepahaman selanjutnya, yaitu kerjasama kebudayaan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Kementerian Kebudayaan dan informasi Kerajaan Arab Saudi.

Selanjutnya, penandatanganan nota kesepahaman Program kerjasama antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dengan Otoritas Usaha Kecil dan Menengah Kerajaan Arab Saudi mengenai pengembangan usaha kecil dan menengah.

Arab Saudi dan Indonesia juga melakukan nota kesepahaman di bidang kesehatan antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi. Setelah itu, giliran nota kesepahaman antara otoritas aero nautica pemerintah Republik Indonesia dan Kementerian serupa. Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dan kementerian pendidikan Kerajaan Arab Saudi juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman, yaitu di bidang kerjasama scientific dan pendidikan tinggi.

Selanjutnya, giliran Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dengan Menteri urusan Islam dakwah dan bimbingan Kerajaan Arab Saudi yang berkomitmen bekerjasama dalam bidang urusan Islam.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga turut menandatangani nota kesepahaman untuk kerjasama di bidang Kelautan dan Perikanan. Kementerian Perdagangan juga melakukan kerjasama dengan Kementerian Perdagangan dan investasi Kerajaan Arab Saudi dalam bidang perdagangan.

Terakhir, Indonesia dan Arab Saudi berkomitmen melakukan kerjasama dalam pemberantasan kejahatan. Kerjasama ini ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi.

Sumber: merdeka

About A Halia