Breaking News

Ratusan Mobil Mewah Siap Angkut Rombongan Raja Salman, Sopirnya Dilatih Paspampres

MOBIL DELEGASI – Deretan mobil Mercy yang disiapakan untuk delegasi kunjungan kenegaraan Raja Arab Salman yang sudah dipersiapakan di Pakir Timur, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (27/2/2017). 500 mobil mercy dan Alphard untuk Jakarta sementara 400 untuk Bali.. Warta Kota/henry lopulalan

thayyibah.com :: JAKARTA – Iben (47) tampak mengelap mobil berwarna hitam Mercedez Benz tipe S yang diparkir di areal Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2017) sore itu.

“Biar tidak berdebu, soalnya dari pagi sudah diparkir di sini,” ujar Iben kepada Tribun di Parkir Timur Senayan.

Iben, sehari-hari bertugas sebagai supir taksi meteran Blue Bird di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Namun kali ini dirinya difungsikan sebagai supir Mercedez Benz untuk mengangkut rombongan Raja Arab, Salman bin Abdulaziz al-Saud.

“Dapat penawaran dari kantor untuk mengangkut rombongan Raja Arab, ya saya terima. Ini kan kebanggaan,” aku Iben.

Mobil mewah Mercy tipe S tersebut merupakan satu diantara mobil yang akan digunakan besok, Rabu (1/3/2017). Mobil tersebut saat ini sudah terparkir di Parkir Timur Senayan sejak tadi pagi, pukul 06.00 WIB.

Total armada yang diparkir di Parkir Timur Senayan tersebut berjumlah 300 Mobil-mobil yang digunakan untuk mengangkut rombongan Raja Salman Bin Abdulazis Al Saud tersebut seluruhnya masuk ke kelas mewah.

Mobil yang akan digunakan besok diantaranya mobil jenis Mercedes Benz tipe E dan Mercedez Benz tipe S serta Alphard model terbaru. Mobil ini disewa dari perusahaan transportasi, Blue Bird, Buavista, Golden.

Menurut laman penyewaan mobil mewah, per hari penyewaan mobil kelas premium berada di kisaran Rp 3,5 juta hingga Rp 7 juta. Sehingga dalam sehari pemerintah bisa menghabiskan miliaran rupiah untuk menyewa mobil ini dalam satu hari.

Para supir ini dikontrak hingga 5 Maret mendatang. Kehadiran para supir ini untuk mendapatkan pengarahan terakhir dari Paspamres.

Rencananya, besok para supir dibagi dalam dua tim. Antara yang mengantar dari Bandara Halim Perdanakusuma-hotel Raffles atau Bandara Halim Perdanakusuma-Istana Bogor.

“Besok itu kami antara mengantar dari Halim ke Bogor atau langsung ke Raffles,” ujar Aang, supir Buevista.

Ring satu rombongan Kerajaan Arab Saudi Akan diantar langsung oleh pihak Paspamres. Sebelum berangkat mobil ini mendapatkan pemeriksaan berkala oleh paspamres.

Sementara mobil yang terparkir di Parkir Timur Senayan digunakan untuk rombongan di luar Ring satu.

Menurut Aang, seluruh mobil yang digunakan telah diperiksa oleh Paspamres dan pihak keamanan Kerajaan Arab Saudi. Pemeriksaan ini dilakukan hingga ke mesin mobil sejak beberapa hari yang lalu.

“Orang Arabnya memeriksa seluruh mobil. Dari mesin sampai ke dalam,” ujar Aang.

Sebelum melakukan perjalanan, para supir juga diperiksa oleh paspamres. Pemeriksaan yang dilakukan dari aspek psikologis maupun kesehatan.

Aang diberi tahu akan mengantar staf Sekretaris Negara Kerajaan Arab Saudi. Bukan sekali ini, Aang mengantarkan tamu negara.

Dirinya mengaku sering mengantar tamu negara pada beberapa acara internasional. Meski begitu, dirinya mengaku tetap bangga atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Dapat Pelatihan Khusus dari Paspamres

Para supir yang akan melakukan tugas mengantar rombongan Kerajaan Arab Saudi ini sebelumnya mendapatkan pelatihan khusus dari satuan Pasukan Pengamanan Presiden.

Para supir sebelumnya diberi materi oleh Paspamres pada tanggal 15 Februari 2017. Paspamres memberikan materi mengenai keamanan berkendara.

“Kita diajari diberi pengarahan oleh paspamres,” ujar Aang.

Pelatihan tersebut diberikan kepada para supir di Hotel Westin, Jakarta Selatan. Mereka juga melakukan simulasi untuk mengantar para tamu di tempat itu.

Simulasi berkendara dilakukan dari Hotel Westin ke Bandara Halim menuju Istana Bogor dan ke Hotel Raffles.

Para supir yang dipilih karena kemampuan menguasai bahasa asing dan pengalaman dalam mengendarai kendaraan mewah.

Formasi yang digunakan saat berkendara menggunakan formasi berbentuk kerucut. Rombongan mobil Ring satu akan berada di depan sementara rombongan biasa berada di belakang rombongan paspamres.

Sumber: tribunnews

About A Halia