Breaking News

Raja Salman Akan Bertemu Rizieq Shihab? Ini Jawaban Dubes Arab Saudi

Duta Besar Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi saat memberikan keterangan pers di Kantor Kedutaan Besar Arab Saudi, Jakarta, Selasa (28/2/2017). Pertemuan ini untuk membahas kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017 mendatang.

 

thayyibah.com :: JAKARTA, – Duta Besar Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi menjawab informasi yang banyak beredar di internet terkait rencana pertemuan Raja Salman bin Abdulaziz dengan pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab.

Osama mengatakan, dalam kunjungannya ke Indonesia, Raja Salman memang akan bertemu dengan sejumlah tokoh dari organisasi Islam. Namun, ia tidak bisa memastikan apakah pertemuan tersebut akan diikuti pula oleh Rizieq Shihab.

Sebab, Raja Salman menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian Luar Negeri RI terkait siapa saja tokoh ormas Islam yang akan bertemu. Tidak ada permintaan spesifik dari Raja Salman.

“Yang memutuskan nama-nama itu adalah Kemenlu,” ucap Osama dalam jumpa pers di Kantornya, di Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Sebelumnya, rencana pertemuan Raja Salman dengan tokoh dan ormas Islam juga disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Ini pertemuan yang juga penting. Raja Arab Saudi juga akan bertemu secara khusus dengan tokoh-tokoh agama,” ujar Lukman di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (27/2/2017).

Meski demikian, Lukman mengaku bahwa pemerintah masih mempersiapkan hal itu.

Pemerintah masih membahas ormas Islam di Indonesia mana saja yang dapat bertemu dengan Raja Salman. Pertemuan tersebut juga belum ditentukan waktunya.

Tidak hanya tokoh-tokoh Islam, lanjut Lukman, pemerintah juga akan memfasilitasi pertemuan tokoh-tokoh agama di luar Islam untuk juga bertemu dengan Raja Salman dan delegasi.

Raja Salman dijadwalkan tiba di Indonesia pada Rabu (1/3/2017). Presiden Joko Widodo akan langsung menyambut kedatangan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma.

Setelah itu, kedua kepala negara akan melakukan pertemuan di Istana Bogor.

Raja Salman akan berada di Jakarta dan melakukan berbagai kegiatan lain hingga 4 Maret. Setelah itu, baru lah Raja Salman dan rombongan yang terdiri dari 1500 orang berlibur di Bali hingga tanggal 9 Maret.

Penulis: Ihsanuddin / Bayu Galih / kompas

About A Halia