Breaking News

Masa Emas untuk Belajar

tangan bayi

thayyibah.com :: “Sesungguhnya bagi wanita yang mengandung hingga melahirkan dan menyapih, ada pahala, seperti halnya orang yang fi sabilillah . Apabila ia mati pada masa diantara itu, maka baginya pahala orang yang mati syahid.” (HR. Ibnu Hajar). .

MASA EMAS UNTUK BELAJAR. .

Orang tua yang ingin memberikan pendidikan kepada anak-anaknya sejak dini, tidak boleh melewatkan masa-masa emas belajar untuk anaknya. .

Masa emas atau masa paling produktif bagi anak ini ada tiga yaitu:

1. Waktu dalam kandungan
Waktu terbaik untuk memulai mengajar bayi belajar Al Qur’an adalah ketika bayi berumur 18 minggu atau memasuki bulan kelima kehamilan, itulah saat terbaik untuk mulai belajar Al Qur’an, karena pada usia kehamilan tersebut Allah telah memerintahkan malaikat untuk meniupkan roh kepada sang bayi, untuk lebih jelasnya tentang tahap-tahap kejadian manusia, lihat QS. As-Sajadah ayat 9 dan hadis Rasulullah Saw: “Sesungguhnya setiap orang dari kamu terkumpul (masa) kejadiannya dalam perut ibunya 40 hari dalam bentuk nutfah , kemudian menjadi ‘alaqah sama jumlah masanya dengan itu (40 hari), lalu menjadi mudghoh sama masanya dengan itu (40 hari). Kemudian diutus kepadanya malaikat lalu dihembuskan ruh kepadanya.” (HR. Bukhari Muslim). .

Sedangkan menurut Dr. Van De Carr temuan-temuannya dan dari penelitian lain menunjukkan bahwa, bayi dalam rahim dapat mendengar suara-suara dari luar tubuh ibunya mulai minggu ke-18 kehamilan. .

2. Sejak hari pertama bayi lahir ke dunia
Sejak hari pertama bayi lahir kedunia adalah saat yang tepat untuk mengajarkan Al Qur’an agar kalimat yang pertama kali didengar bayi adalah kalimat tauhid, mengusir setan dari anak, memupuk fitrah iman Islam anak, dan merangsang syaraf otak dan telinga anak agar segera berfungsi secara efektif. .

3. Sejak bayi berumur lima bulan
Ketika bayi berumur sekitar lima bulan, tugas orang tua adalah mengajarkan beberapa materi keislaman kepada si bayi. .
Semoga Bermanfaat…

Sumber: Loveislam

About A Halia