Breaking News

Tips Aman Belanja Online

thayyibah.com :: Layanan online kini telah merajalela di dunia. Hampir seluruh barang bisa dipasarkan secara online. Apapun yang kita inginkan bisa  didapatkan dengan lebih mudah dan cepat. Cara online banyak dipilih orang karena bisa menghemat tenaga, waktu dan juga biaya. Dengan online kita tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan barang yang kita inginkan, dan kita juga tidak perlu capek-capek untuk mendapatkan barang yang penting.

Tapi, apakah kita pernah berpikir bahwa cara online juga memiliki efek negatifnya? Yang terpenting adalah kita harus tetap waspada dan teliti saat hendak berbelanja secara online. Karena itu kita harus memperhatikan banyak hal agar belanja online tetap aman dan terhindar dari berbagai gangguan kejahatan. Selain itu, kita juga perlu teliti agar tidak menyesal saat barang telah dikirim ke hadapan kita.

Beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk bisa berbelanja online dengan aman, di antaranya adalah:

1. Sebelum berbelanja, kita harus pastikan telah memilih barang yang tepat dan yang paling penting adalah situs yang tepat. Jangan sampai uang kita hilang untuk barang yang tak ada di depan mata.

2. Lakukan searching dengan tepat untuk memilih situs toko online dan juga barang yang akan kita beli.

3. Sebaiknya hubungi terlebih dahulu nomor telepon toko online yang tertera pada situs tersebut untuk mendapat kepastian bahwa situs tersebut tidak berbohong.

4. Kita juga bisa mencari latar belakang dari toko online atau situs tersebut untuk menambah keyakinan . Kalau memang ada kejanggalan, sebaiknya cari dan pilih situs lain.

5. Baca terlebih dahulu perjanjian atau kebijakan dari situs tersebut agar kita terhindar dari penipuan dalam bentuk apapun. Selidiki pula komentar-komentar dari para pelanggan dalam situs tersebut.

6. Kita bisa mengajukan garansi untuk suatu barang jika nantinya barang tersebut cacat. Karena kamu tidak bisa melihat kondisi fisik barang tersebut, maka garansi memang diperlukan.

7. Kita juga perlu memperhatikan gambar dari barang yang  diinginkan. Sebaiknya tanya deskripsi dari barang tersebut secara mendetail sehingga tidak ada penyesalan di akhir.

8. Sebaiknya jangan terlalu fokus untuk memilih barang yang harganya sangat murah karena justru barang tersebut adalah barang cacat dan tidak berkualitas.

9. Sebelum memasukkan data pribadi kita, sebaiknya selidiki situs tersebut bukanlah penipuan dengan cara melihat adanya gambar gembok di bagian atas.

Semoga kita bisa lebih berhati-hati dalam berbelanja online.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Ummi

About A Halia