Breaking News

9 Ide Mengisi Liburan di Rumah

thayyibah.com :: Musim libur sekolah telah tiba. Tentu saja anak-anak menyambut gembira karena mereka akan beristirahat dari berbagai aktivitas sekolah. Tak jarang ibu pun menjadi cemas menghadapi musim libur sekolah. Anak-anak yang ada di rumah tentu akan membuat suasana rumah menjadi lebih heboh dan tentu saja rumah akan lebih berantakan.

Libur sekolah identik dengan berlibur mengunjungi tempat wisata baik di dalam maupun luar negeri. Lalu bagaimanakah jika sahabat ummi tidak dapat menghabiskan liburan dengan wisata? Anak-anak menganggap liburan di rumah kurang mengasyikkan dan agak membosankan.

Anda tidak perlu cemas. Menghabiskan masa liburan di rumah pun bisa mengasyikkan. Asalkan sahabat Ummi tahu bagaimana memanfaatkan waktu liburan bersama anak. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan bersama anak adalah:

1.  Olah raga bersama

Ajak anak untuk berolah raga bersama di pagi hari. Udara pagi yang baik untuk pernapasan. Biasanya anak tidak sempat untuk olah raga di pagi hari karena harus mempersiapkan diri ke sekolah. Jalan kaki, bersepeda, bulu tangkis, main bola dan berenang adalah contoh olah raga yang bisa dilakukan bersama anak. Sambil berolah raga ajak anak berdialog tentang keagungan Sang Pencipta yang telah memberikan kenikmatan seperti adanya pohon, burung, udara yang bersih dan lain-lain.

2. Masak bersama

Sahabat Ummi bisa mencari resep bersama buah hati lalu mempraktikkan resep tersebut. Carilah resep yang praktis dan mudah dilakukan bersama buah hati, seperti bolu kukus, puding, kukis hias, cup cake.

3.  Membuat kerajinan tangan

Jika Sahabat Ummi memiliki hobi kerajinan tangan seperti membuat bros, menjahit, membuat gelang, membuat kartu ucapan, maka ajaklah sang buah hati untuk mengenal dunia art and craft lebih jauh.

4. Manfaatkan barang-barang bekas di rumah. Biasanya ada beberapa barang seperti koran bekas, kotak sereal, kaleng, botol yang sudah tidak terpakai lagi. Sahabat Ummi bisa mengajak buah hati untuk memanfaatkan barang-barang tersebut menjadi benda yang bermanfaat. Membuat keranjang dari koran, diorama, tempat pensil dari kaleng dan lain-lain. Ajak buah hati untuk lebih kreatif memanfaatkan barang di sekitarnya.

5.  Bercocok tanam

Sahabat Ummi bisa mengajak buah hati untuk bercocok tanam menggunakan media tanah maupun hidroponik. Dengan bercocok tanam, anak akan lebih mengenal jenis tanaman yang ada. Setelah itu ajak juga anak untuk merawatnya.

6. Membersihkan barang-barang yang sudah tidak terpakai

Kertas-kertas yang tidak terpakai, buku, baju, sepatu yang sudah terpakai bisa bermanfaat bagi orang lain. Ajak anak untuk memilah barang-barangnya yang masih layak pakai namun sudah tidak ia perlukan lagi. Lalu ajak anak untuk menyalurkan barang-barang tersebut ke orang yang membutuhkan. Anak akan belajar untuk bertanggung jawab terhadap barangnya sendiri sekaligus melatih jiwa sosial.

7. Membaca dan menulis cerita

Aktivitas asyik lainnya adalah membaca buku bersama anak. Walau anak sudah bisa lancar membaca tetapi membaca bersama Ibunda adalah aktivitas yang menyenangkan. Setelah itu berikan pertanyaan kepada anak tentang cerita tersebut. Dan ajak anak untuk mengembangkan imajinasinya sendiri.

8.  Ajak anak bermain peran

Sahabat Ummi bisa membuat sebuah permainan sederhana dan mengajak anak untuk berperan menjadi tokoh atau profesi tertentu. Misal menjadi guru, atlet, tukang sampah dan lain-lain. Dengan permainan ini anak akan memiliki imajinasi dan pemahaman lebih jauh tentang peran suatu profesi di sebuah komunitas.

9. Memperkenalkan permainan tradisional

Sahabat Ummi bisa mengajak anak untuk melakukan permainan tradisional seperti congklak, bola bekel, galasin, bentengan dan lain-lain. Ajak beberapa teman anak untuk melakukan permainan grup. Biasanya anak-anak kurang mengenal permainan tradisional karena sudah terpapar oleh games di gadget. Anak akan lebih banyak bergerak dan tanpa disadari ikut melestarikan permainan tradisional.

Beberapa kegiatan bersama buah hati tersebut selain untuk mengisi waktu liburan juga memiliki manfaat lain yaitu meningkatkan kedekatan dengan Sahabat Ummi sebagai orang tua dan lebih mengasah minat anak. Selamat berlibur di rumah bersama buah hati tercinta.

Sumber: Ummi

About A Halia