Breaking News
Ilustrasi Sosial Media

Gambar Profil Fotomu di Medsos Bisa Menjadi Ladang Pahala Atau Bencana?

 

Ilustrasi Sosial Media
Ilustrasi Sosial Media

thayyibah.com :: Tiga nasehat dari Ustadz Firanda, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal dan Ustadz Tubangi hafidzohumullah seputar memajang foto dan gambar profil di medsos.

1. Kisah perempuan Saudi yang suaminya disihir lewat foto yang dipajangnya di whatsApp.
2. Pandangan Hasad lewat gambar
3. Agar gambar profil menjadi ladang pahala
BAHAYA FOTO

Oleh : Ustadz Firanda Andirja, MA

Kisah perempuan Saudi yang memajang foto suaminya di whatsapp. Perempuan ini baru saja menikah dan memajang foto suaminya di whatsApp.

Ketika pulang dari bulan madu, suaminya berubah sikap dari yang awalnya mencintai istrinya menjadi suami yang sering pergi dan cuek sama istrinya. Hal ini berlangsung sampai 5 bulan ketika ditanya oleh istrinya ternyata dalam pandangan suaminya istrinya adalah perempuan yang jelek padahal aslinya istrinya cantik. Akhirnya istrinya mengadu pada mertuanya dan dibawalah suaminya ke seorang syekh. Disitu ketahuan bahwa suaminya terkena sihir dan yang menyihir adalah teman istrinya.

Pada akhir kisah perempuan itu mengingatkan siapa saja untuk mengambil ibrah pengalamannya, jangan memajang foto orang-orang yang kita cintai pada media sosial apa pun.
Subhanallah betapa banyak, terutama zaman sekarang, orang yang senang mempertontonkan kecantikan, kelucuan, kepintaran anak-anaknya di media-media sosial sementara dia tidak tahu siapa saja yang melihat foto atau video anak-anaknya itu dan juga tidak tahu apa yang ada dalam hati-hati mereka. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan ‘ain (kejahatan pandangan mata, -pen) dan orang yang hasad..
PANDANGAN HASAD LEWAT GAMBAR

Ust. M Abduh Tuasikal, MSc حفظه الله تعالى

‘Ain adalah pengaruh pandangan hasad (dengki) dari orang yang dengki sehingga bisa membahayakan orang yang dipandang. Misalnya saja anak kecil yang dipandang dengan penuh dengki, maka ia bisa jatuh sakit atau terus-terusan menangis.

Selain dari penglihatan, hasad ternyata bisa terjadi melalui gambar atau hanya sekedar khayalan.

Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma’ad (4: 153) berkata,

ونفس العائن لا يتوقف تأثيرها على الرؤية ، بل قد يكون أعمى فيوصف له الشيء فتؤثر نفسه فيه وإن لم يره ، وكثير من العائنين يؤثر في المعين بالوصف من غير رؤية

“’Ain bukan hanya lewat jalan melihat. Bahkan orang buta sekali pun bisa membayangkan sesuatu lalu ia bisa memberikan pengaruh ‘ain meskipun ia tidak melihat. Banyak kasus yang terjadi yang menunjukkan bahwa ‘ain bisa menimpa seseorang hanya lewat khayalan tanpa melihat.”

Syaikh Sholih Al Munajjid berkata,

“Dari sini terlihat bahwa ‘ain bisa ditimbulkan dengan melihat pada gambar seseorang secara langsung atau melihatnya di TV. Bahkan bisa hanya dengan mendengar, lalu dikhayalkan dan terkenalah ‘ain.

Kita memohon pada Allah keselamatan.”
(Fatwa Al Islam Sual wal Jawab no. 122272)

Kunci utama agar terjauhkan dari ‘ain adalah mendekatkan diri pada Allah dengan tawakkal pada-Nya, juga selalu rutinkan dzikir setiap harinya agar diri dan anak kita selamat dari orang yang hasad (dengki). Hanya kepada Allah tepat berlindung sebagaimana disebutkan dalam surat Al Falaq, kita berlindung dari kejelekan orang yang hasad ketika ia hasad.

Sehingga saran kami, agar foto-foto anak kita tidak dipajang di media sosial karena orang akan begitu takjub pada foto anak dan biasanya timbul hasad (dengki) tatkala memandang.

Hanya Allah yang memberi taufik.

 

AGAR GAMBAR PROFIL MENJADI LADANG PAHALA

Oleh: Ustadz Tubangi Cibarusah hafidzohulloh
Bismillah. Kuberikan hadiah yg menarik ini untuk orang yg aku cintai seperti kusuka untuk diriku sendiri. Yaitu ; Anda.

Jangan pasang gambar bernyawa. Baik wajahmu, keluargamu, maupun hewan favoritmu atau benda yg lain, tapi pasanglah kalimat thoyyibah seperti

سُبحَانَ اللَّ
هِ وَالحَمدُ لِلَّهِ

Kalimat ini dlm hadits riwayat muslim pahalanya memenuhi langit dan bumi.

Manfaatkan bonus yg besar ini. Buat apa anda tempel benda yg tidak/kurang bernilai di sisi Allah?

Maka kesimpulannya adalah:
1. Memajang kalimat thoyibah dan nasehat yang baik insyaa Allah dapat mendulang pahala
2. Memajang hal yang mungkar, mengajak maksiat, kesesatan dan mengumbar aurat dapat menjadi ladang dosa
3. Gambar benda mati, pemandangan dan semisalnya tidak berdosa tapi juga tidak menjadi pahala
4. Memajang foto diri dan keluarga berpotensi terkena ‘ain (pandangan mata jahat) dan dijadikan sarana orang yg berniat jahat utk melakukan sihir.

Wallohu ‘alam. (put/thayyibah)

About Lurita

Online Drugstore,cialis next day shipping,Free shipping,order cialis black,Discount 10%, dutas buy online