Breaking News
Gadis dan Bunga

Bolehkah Menolak Lamaran Seorang Pria Shalih?

Gadis dan Bunga
Gadis dan Bunga

thayyibah.com :: Bagaimana jika ada seorang pria yang shalih melamar seorang wanita, lalu wanita itu menolaknya dengan alasan karena tidak tampan atau pendidikannya masih dibawah calon istrinya?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Apabila datang seseorang melamar putrimu kepadamu yang kalian ridhoi AGAMA dan AKHLAKNYA, maka nikahkanlah. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah dan kerusakan yang besar”. Dalam suatu riwayat Nabi mengulanginya 3 kali (HR.At-Tirmidzi no.1084, Ibnu Majah no.1967, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir no.762, lihat Irwaa-ul Gholiil no.1668).

Seseorang berkata kepada Hasan al-Bashri :

“Saya memiliki seorang putri yang telah menginjak usia nikah, sudah banyak orang yang melamarnya, kepada siapakah saya harus menikahkannya ?”

Hasan menjawab : “Nikahkanlah dia dengan seorang yang takut kepada Allah dan bertaqwa kepada-Nya. Sebab, jika ia mencintainya, maka ia akan memuliakannya dan apabila ia membencinya maka ia tidak akan menzhaliminya” (Uyunul Akhbar oleh Ibnu Qutaibah IX/17).

Seorang wanita boleh saja menilai dari sisi fisik dan pendidikan calon suami yang ingin menikahinya, tetapi jangan jadikan itu sebagai satu-satunya penilaian.

Barangsiapa yang menikah semata-mata karena kecantikan/ketampanan pasangannya saja, maka ia akan mendapat kehinaan, siapa yang menikah karena hartanya saja, maka ia akan mendapat aib dan siapa yang menikah karena agamanya, maka ia akan hidup dalam kebahagiaan yang tiada tara. Karena istri mengetahui hak suami, suamipun mengetahui hak istri dan mereka mengetahui hak ALLAH Ta’ala sehingga mereka saling menjaga harta, kehormatan dan menjaga dirinya dari perbuatan dosa dan maksiat. (put/thayyibah)

About Lurita

Online Drugstore,cialis next day shipping,Free shipping,order cialis black,Discount 10%, dutas buy online