Breaking News
ODOJ (One Day One Juz)

Membaca Al-Quran Merupakan Ibadah yang Unik

ODOJ (One Day One Juz)
ODOJ (One Day One Juz)

 

thayyibah.com :: “Dan bacakanlah apa yang diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Rabb-mu (Al-Quran) …” (QS. Al-Kahfi: 27)

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah shalat …” (Al-Ankabut:45)

Salah dua ayat Al-Quran yang menyatakan Perintah Membaca Al-Quran dari berbagai ayat Al-Quran tentang perintah untuk membacanya. Yang saya tau ada sekitar 24 ayat, Allahu’alam bishshowab..

Semoga ayat-ayat tersebut cukup menjadi alasan dan landasan kita untuk tilawatil Quran. Bahwa perintah ini datang nya dari ALLAH SWT, bukan dari orang tua, guru kita, pemimpin kita atau yang lainnya. Allah perintahkan kita untuk membaca Al-Quran melalui Nabi Muhammad SAW. Melalui beliau kita jadi tau cara membaca Al-Quran. Semoga keselamatan dan kemuliaan selalu menyertai Rasulullah SAW. Aamiin

Pernah saya mendengar pertanyaan “apakah Al-Quran itu makhluk?”
Subhanallaah, jujur saya bingung menjawabnya, karena saya tidak mengetahuinya. Yang saya pernah tau adalah..

Abu Umamah ra. berkata, Rasulullaah SAW. bersabda, “Bacalah Al-Quran, karena Al-Quran pada hari Kiamat akan datang kepada orang yang membacanya untuk memberikan syafaat” (HR. Muslim)

Al-Quran adalah penolong bagi pembacanya, insyaa Allah..

Membaca Al-Quran merupakan ibadah yang Unik, karena dengan hanya membacanya kita mendapat banyaak ganjaran.

Aisyah ra. berkata, Rasulullah SAW. bersabda, ” Orang yang membaca Al-Quran dan menghafalnya akan bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan orang yang membaca Al-Quran dan mengulanginya dengan susah payah, maka dia mendapat dua pahala” (HR. Bukhari & Muslim)

Abdullah bin Mas’ud ra. berkata, Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kita Allah, maka dalam setiap hurufnya aka mendapatkan kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sepuluh kali lipa. Saya tidak mengatakan ‘alif laam miim’ satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf” (HR. Tirmidzi)

Maa syaa Allah, dalam kondisi sulit membacanya Allah berikan kita dua pahala, satu huruf saja 10 pahala kebaikan, bayangkan jika kita membaca 30 Juz Al-Quran, yang saya tidak tau berapa jumlah seluruh hurufnya, tapi saya yakin ada banyaak pahala kebaikan jika kita membaca Al-Quran.

Yang lebih uniknya lagi dengan hanya mendengarkan bacaan Al-Quran tidak kalah pahalanya, bahkan mendengarkan Al-Quran merupakan sarana untuk memperoleh pengampunan dari Allah SWT.

“Dan apabila dibacakan Al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat” (QS. Al-A’raf:204)

Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa yang mendengarkan ayat Al-Quran, maka baginya kebaikan yang dilipatgandakan. Sedang bagi yang membacanya akan mendapatkan cahaya pada hari Kiamat” (HR. Ahmad)

Karena itulah Rasulullah SAW. senang mendengarkan bacaan Al-Quran dari para sahabatnya.

Abdullah bin Mas’ud ra. berkata, Rasulullah SAW. bersabda, “Bacakan Al-Quran kepadaku”, saya berkata, “Saya membacakan Al-Quran kepadamu? Padahal Al-Quran turun kepadamy?”, Rasulullah SAW menjawab, “Saya rindu untuk mendengarkannya dari orang lain”. Saya lalu membaca surat An-Nisa’, ketika sampai ayat, “Maka bagaimanakah (halnya orang-orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seorang seorang saksi (Rasul) dari tiap tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu)” An-Nisa’:41, Rasulullah berkata kepadaku, “Cukup”. Saat itu, saya melihat kedua matanya meneteskan air mata”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Jika kita sulit membacanya, Allah berikan keringanan untuk kita dengan hanya mendengarkannya..

Tak perlu cepat-cepat untuk mendapat hasil yang banyak, karena kuantitas tak menjamin banyak pula pahala yang kita dapatkan. Tapi Allah pasti melihat seberapa sering dan seberapa lama kita bersama Al-Quran. Bagaimana caranya bacaan yang hanya sedikit kita baca bisa menumbukan keimanan kita kepada Allah, dari pada banyak namun hambar rasanya..

“… ingatlah, hanya dengan mengingati Allah hati menjadi tentram” (QS. Ar-Ra’d: 28)

Wahai Allah, dengan Al-Quran, karuniakanlah kasih sayang-Mu kepada hamba. Jadikanlah Al-Quran sebagai imam, cahaya, hidayah, dan sumber rahmat bagi hamba.

Wahai Allah, ingatkanlah hamba bila ada ayat yang hamba lupa mengingatnya. Ajarkanlah pada hamba, ayat yang hamba bodoh memahaminya. Karuniakanlah kepada hamba kenikmatan membacanya, sepanjang waktu, baik tengah malam atau tengah hari. Jadikanlah Al-Quran bagi hamba sebgai hujjah, aamiin ya Rabbal’alamin. Allahu’alam bishshowab. Saling mengingatkan ODOJ yaa. Lakukan semampu kita, bukan semau kita. Hamasah, Lillah. (put/thayyibah)

About Lurita

Online Drugstore,cialis next day shipping,Free shipping,order cialis black,Discount 10%, dutas buy online