Ibadah Ini Bisa Bikin Awet Muda

awet-muda

thayyibah.com :: Kita hidup di dunia ini tidaklah sendirian, karena ada selalu banyak orang di sekeliling kita yang selalu memperhatikan dan mengkeritik seperti apa penampilan diri kita. Maka dari itu, tanpa disadari kita selalu berdiri berlama-lama di depan cermin hanya untuk melihat apakah diri kita sudah cukup sempurna atau belum.

Tidak hanya wanita, pria pasti juga melakukan hal yang sama untuk masalah penampilan.  Serta wajah dan kulit menjadi sasaran empuk merubah penampilan menjadi lebih awet muda. Berbicara mengenai awet muda tentunya semua orang pasti menginginkannya. Tapi, bagaimanakah caranya untuk menjadi awet muda yang sesuai dengan pandangan islam? Berikut ulasannya:

Obat awet muda menurut pandangan Islam
Dalam urusan penampilan terkadang kita tak pernah ragu untuk merogoh kocek dalam-dalam yang dimana ada berbagai jalan pintas untuk menghindari diri kita dari penuaan dini seperti setrika wajah, facial ultrasonik, dan lain sebagainya. Tapi sesungguhnya jika kita menggunakan obat yang berhubungan dengan penampilan seperti menghindari penuaan dini supaya awet muda, sebenarnya diperbolehkan dalam kacamata islam karena itu urusan dunia pada asalnya adalah mubah sebagaimana firman Allah Azza wa Jalla:

“Dialah yang telah menciptakan untukmu apa yang ada dibumi ini.” (QS. Al Baqarah: 29)

Air Wudhu
Dalam urusan penampilan memang ada banyak cara yang dapat ditempuh. Tapi dalam islam sesungguhnya memiliki banyak hal mudah yang dapat memberikan efek awet muda di antaranya yaitu Air Wudhu seperti yang sudah kita ketahui, air wudhu itu memiliki banyak keutamaan seperti salah satu keutamaannya ialah anggota tubuh yang terkena wudhu akan bercahaya pada hari kiamat nanti dan ternyata air wudhu juga membuat kita bercahaya di dunia. Maka dari itulah air wudhu termasuk dalam tips awet muda.

Lantas mengapa air wudhu menjadi salah satu obat awet muda. Menurut penelitian kulit merupakan organ paling besar dari tubuh kita yang fungsi utamanya adalah membungkus tubuh serta melindungi tubuh dari kuman, racun, dan radiasi. Dengan kita bersuci maka akan terjadi proses peremajaan dan pembersihan kulit, selaput lendir dan membersihkan lubang-lubang tubuh yang berhubungan dengan keadaan luar seperti pori-pori kulit, rongga mulut, hidung, dan telinga. Maka dari itu air wudhu merupakan cara mudah untuk membuat orang menjadi lebih awet muda.

Senyum
Selain air wudhu senyumpun menjadi salah satu cara untuk meremajakan kulit, karena secara ilmu kesehatan ketika seseorang senyum dia hanya menggunakan 17 otot wajah. Sedangkan ketika seseorang cemberut maka dia menggunakan 43 otot wajah. Dimana otot yang banyak itu akan tertarik sehingga dapat menimbulkan kerutan di wajah. Disamping itu, dengan tersenyum otot wajah kita akan tetap terjaga kekencangannya.

Tersenyum juga dapat memberikan efek ketenangan pada hati, menjadikan kita semangat, dan selalu berhusnudzan. Selain itu, ketika kita tersenyum kepada orang lain, tanpa terasa kita sedang berbagi kebahagiaan dengan orang tersebut.

Shalat Tahajud
Sebagai seorang muslim melaksanakan sholat merupakan hal yang wajib dan sholat malam seperti tahajud meskipun hukumnya sunah, ternyata itu merupakan obat awet muda menurut islam. Dalam hal ini Rasulullah bersabda:
“Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan/cantik di siang hari.” (HR. Ibnu Majah)

Melihat dari sabda Rasulullah tersirat bahwa sholat malam akan membuat wajah kita terlihat bersinar dan bercahaya disiang harinya. Kenapa? menurut penelitian dari Prof.Dr. Muhammad Soleh dari Universitas ternama di Surabaya. Sholat tahajud merupakan sholat yang dilakukan di penghujung malam yang sunyi. Dimana hal tersebut dapat mendatangkan ketenangan, dimana ketenangan itu sendiri terbukti mampu meningkatkan  ketahanan tubuh imunilogi, mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan meningkatkan usia harapan hidup.

Puasa
Puasa merupakan salah satu obat awet muda. Hal ini terbukti dari penelitian Alan Chot seorang ahli dari Amerika. Dia adalah seorang penulis buku Why Fast? yang telah menghimpun hasil pengamatan dan penelitian ilmuan dari berbagai negara.

Mengenai hikmah puasa, dimana salah satu himahnya yaitu dapat memperlambat proses penuaan. Hal tersebut diperkuat oleh Albenia M. Furkon direktur lembaga makanan sehat di Amerika Serikat. Ia menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa menghasilkan pesona diri dan ketenangan serta menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh.

Menahan Amarah
Orang yang sering marah-marah atau mengumbar rasa marah tanpa ada keinginan untuk mengelolanya. Maka ia akan memiliki wajah yang lebih cepat mengalamai proses pengeriputan. Kenapa? Karena kemarahan merupakan jenis emosi yang mempu membuat otot-otot pada wajah menegang, ketegangan yang tidak diminimalisir ini mengakibatkan keriput. Tidak hanya itu, perasaan marah memicu menyebarnya hormon kortisol yang mengakibatkan produksi kolagen pada kulit berkurang. Dimana sebenarnya kolagen adalah bahan utama untuk membuat kulit awet muda, kencang dan kenyal. Oleh karena itu Rasulullah salalahualaihiwasalam menganjurkan ummatnya untuk menahan amarah beliau pun bersabda:

“Barangsiapa yang menahan kemarahannya padahal dia mampu untuk melampiaskannya maka Allah Azza wa Jalla akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat di hadapan semua manusia sampai (kemudian) Allah membiarkannya memilih bidadari bermata jeli yang disukainya.” (HR. Abu dawud (no. 4777). Hasan)

Itulah tips awet muda menurut pandangan Islam. Ternyata hal-hal kecil yang tidak kita sadari dapat membuat kita menjadi awet muda. Tidak perlu merogoh kocek yang dalam ataupun datang ketempat kecantikan untuk membuat kulit tidak terlihat keriput.

Semoga informasi ini dapat kita menjadi pribadi yang lebih bisa menghargai tubuh sendiri. Serta bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada kita. Karena sesungguhnya kecantikan alami dan abadi hanyalah terletak pada hati iman dan takwa. Aamiin… (thayyibah)

Sumber: BerimanTTV

About A Halia