Breaking News
Keutamaan Puasa Arafah di Bulan Dzulhijjah

Keutamaan Puasa Arafah

Keutamaan Puasa Arafah di Bulan Dzulhijjah
Keutamaan Puasa Arafah di Bulan Dzulhijjah

thayyibah.com :: Berdasarkan hasil ru’yatul hilal bulan Dzulhijjah 1436 H yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kemenag RI dan dikuatkan dengan keputusan dan ketetepan pemerintah Arab Saudi berkaitan dengan penentuan awal Dzulhijjah 1436 H, maka tanggal 9 Dzulhijjah 1436 H, jatuh pada hari Rabu, 23 September 2016 M dan Idul Adha 10 Dzulhijjah 1436 H jatuh pada hari Kamis, 24 September 2016 M.

Khusus pada tanggal 9 Dzulhijjah, disunnahkan bagi kaum Muslimin yang tidak sedang berhaji untuk berpuasa ‘AROFAH.

Pada puasa ‘Arofah terkandung keutamaan khusus sebagai berikut:

Keutamaan Puasa Arafah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ

“Puasa pada hari Arafah aku harapkan dari Allah bisa menghapuskan dosa setahun sebelumnya dan setahun setelahnya.” (HR. Muslim, no.1162)

Imam Nawawi berkata, “Adapun hukum puasa Arafah menurut Imam Syafi’i dan ulama Syafi’iyah: disunnahkan puasa Arafah bagi yang tidak berwukuf di Arafah.

Adapun orang yang sedang berhaji dan saat itu berada di Arafah, menurut Imam Syafi’ secara ringkas dan ini juga menurut ulama Syafi’iyah bahwa disunnahkan bagi mereka untuk tidak berpuasa karena adanya hadits dari Ummul Fadhl.” (Al Majmu’, 6/428))

Mengenai pengampunan dosa karena puasa Arafah, para ulama berselisih pendapat. Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah dosa kecil. Imam Nawawi mengatakan, “Jika bukan dosa kecil yang diampuni, semoga dosa besar yang diperingan. Jika tidak, semoga ditinggikan derajat.” (Syarh Shahih Muslim, 8/51)

Sedangkan jika melihat dari penjelasan Ibnu Taimiyah, bukan hanya dosa kecil yang diampuni, dosa besar bisa terampuni karena hadits di atas sifatnya umum. Lihat, Majmu’ Al Fatawa, 7/498 – 500. (thayyibah)

About Lurita

Online Drugstore,cialis next day shipping,Free shipping,order cialis black,Discount 10%, dutas buy online