Breaking News

Semudah Mbakso

Oleh: Joko Intarto

QRIS merupakan sistem pembayaran yang sangat popular. (Foto: CNN Indonesia)

Buka semua pintu selebar mungkin. Begitu jurus marketing dari para mentor. Maka, kanal pembayaran Wakafmu harus ditambah satu lagi. Kang bakso saja pakai….

Saat ini, masyarakat memiliki banyak pilihan cara bayar. Ada yang tetap mempertahankan cara kuno: Bayar serba tunai menggunakan uang nyata. Ada juga yang menggunakan cara modern: Bayar tunai pakai duit digital.

Cara pembayaran modern ini pun ada beberapa model: Dulu harus transfer menggunakan kartu debet melalui mesin ATM. Belakangan kartu debet bisa digunakan untuk membayar tunai melalui mesin pembaca kartu ATM di konter-konter penjualan.

Hadirnya mobile banking menambah model transaksi. Pemilik rekening bank bisa membayar secara tunai dengan cara transfer langsung dari rekening yang ada di smartphone masing-masing.

Perkembangan industry financial technology (fintech) menambah model transaksi. Orang yang tidak punya rekening bank juga bisa bertransaksi secara online. Pembayaran menggunakan uang digital yang ‘’tersimpan’’ dalam aplikasi fintech di telepon pintarnya.

Meski cukup mudah, bertransaksi secara online menggunakan aplikasi fintech masih kurang praktis karena pengguna harus mengisi data penerima secara manual. Teknologi QR (quick response code) akhirnya menyelesaikan persoalan pengisian data.

Tapi masih ada yang belum bisa diatasi. Setiap QR hanya bisa digunakan untu satu perusahaan fintech. Akhirnya pengguna harus menggunakan banyak aplikasi fintech.

Beruntung, sekarang sudah ada sistem pembayaran yang dikenal dengan QRIS (quick response code Indonesian Standard). QRIS yang dikembangkan Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) itu bisa digunakan untuk transaksi online dari rekening mobile banking (semua bank) maupun uang digital (semua fintech).

Karena keunggulan sistemnya, QRIS menjadi sistem pembayaran yang sangat popular di masyarakat. Tukang nasi goreng, abang tahu bulat sampai kang ojol bisa menerima transaksi QRIS. Kecuali: Bayar wakaf melalui Wakafmu.

Ya, Wakafmu memang akan menjajaki kerjasama dengan Link Aja, BUMN fintech yang menjadi penerbit QRIS, pada Kamis (9/11), pekan ini. Insya Allah, setelah kerjasama, menunaikan wakaf melalui Wakafmu akan semudah ‘mbakso’.

About Redaksi Thayyibah

Redaktur