Breaking News
(Foto : Istimewa)

Kafilah Ulama Mujahid dan Murobbi Ummat

Oleh: Fahmi Salim

(Foto : Istimewa)

Innalillahi wa inna ilayhi rojiun

Telah berpulang ke rahmatullah pada zuhur hari ini waktu Doha Qatar, ‘alim robbani mujahid imam kabir ahlussunnah wal jamaah, imam al-wasathiyyah ‘Allamah Syakhuna Yusuf Al-Qaradhawi dalam usia memasuki awal 97 tahun.

انتقل إلى رحمة الله سماحة الإمام يوسف القرضاوي رحمه الله، الذي وهب حياته مبينا لأحكام الإسلام، ومدافعا عن أمته.. نسأل الله أن يرفع درجاته في عليين، وأن يتقبل صالح عمله في ميزان حسناته، وأن يلحقه بالنبيين والصديقين والشهداء والصالحين.. وحسن أولئك رفيقا. وأن يجعل ما أصابه من مرض وأذى رفعا لدرجاته.. اللهم آمين  وقد وافته المنية ظهر اليوم، وسوف يعلن عن موعد الدفن ومكان العزاء لاحقا

Foto beliau bersama Buya Hamka, Mohammad Natsir dan KH. Hasan Basri tahun 1979 saat berkunjung ke kantor MUI. Semoga Allah merahmati mereka semua di alam barzakhnya dan menjadikan mereka semua ahli syurga.

Di video rekaman saat beliau ceritakan pengalaman dakwahnya saat dipenjara oleh rejim Nasser Mesir berhaluan sosialis komunis tahun 60an sama ketika Hamka juga dipenjara rejim Soekarno Nasakom.

Pengaruh keilmuan Syaikhuna Al-Qaradhawi dirasakan di seluruh dunia Islam dari Maroko hingga Merauke. Murid-muridnya dan karya-karya tulisnya yang mengusung Islam yang wasath, rasional, modern, bernuansa purifikasi akidah ubudiyah dan dinamisasi muamalah telah melampaui zamannya dan mencerahkan semesta hingga tersebar ke penjuru dunia dan diterjemahkan ke dalam banyak bahasa dunia.

(Foto : Istimewa)

Selama 80 tahun dakwahnya di dunia keilmuan, pendidikan dan amal islami telah melahirkan 100 jilid ensiklopedi khazanah ilmu Islam dan dengan tangan dinginnya telah melahirkan belasan organisasi fatwa, amal Islam dan islamic center di Eropa, Amerika, Asia Timur dan Timur Tengah.

Qaradhawi bukan hanya individu tapi sudah menjelma menjadi madrasah pemikiran Islam di masa terpuruknya umat di abad 20 dan 21 masehi ini, yang jasanya sebanding dengan gerakan madrasah Islah dan Tajdid Hujjatul Islam Abu Hamid Al-Ghazali dan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani di masa genting kekalahan umat Islam di era perang Salib abad 11 dan 12 masehi.

Selamat jalan wahai mujaddid, mujahid, murobbi, ‘alim rabbani kembali kepada rahmat Ilahi yang luas.

About Redaksi Thayyibah

Redaktur