(Foto : Republika)

Al ‘Allamah Syaikh Dr. Yusuf Al Qaradlawy

Selamat Jalan ‘Alimnya Zaman

Oleh: Salim A. Fillah

(Foto : Republika)

Petang ini, duka ummat dalam sekali. Telah wafat Al ‘Allamah Syaikh Dr. Yusuf Al Qaradlawy dalam usia 99 tahun hijri/96 tahun miladi. Wafatnya ‘ulama adalah tercabutnya satu tonggak ilmu, tertutupnya satu pintu fiqh, tercerainya seikat simpul ajaran, dan terputusnya rantai teladan. Ia duka semesta.

إِنَّا لِلّهِ وَ إِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ⁣⁣

⁣⁣اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُوْلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ. اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْلَنَا وَلَهُ وَاجْعَلِ الْجَنَّةَ مَأْوَاهُ⁣⁣

⁣⁣ آمِـيْن يَا رَبَّ العَالَمِين

Dalam usia yang panjang itu, khidmahnya untuk dakwah, ilmu, Islam, dan kaum muslimin diakui oleh berbagai kalangan. Tak terhitung karya-karyanya memberi ummat kecerahan dalam berbagai hukum dari Kitab dan Sunnah; seperti Al Halal wal Haram fil Islam, Fiqh Zakat, hingga Fiqh Jihad. Manhaj kemudahannya juga mengenalkan kita pada Fiqh Awlawiyat, Fiqh untuk Muslimin di negeri minoritas muslim dan seterusnya. Semoga Allah jadikan ilmu dan ‘amal yang beliau tebar tak henti mengalirkan pahala, dengan manfaat yang terus tercurah untuk kita dan anak-cucu kelak menuainya.

(Foto : Dok. Salim A. Fillah)

Tentu selain menuai pujian, beliau memiliki sikap-sikap dan pendapat-pendapat yang tak selalu disetujui oleh para ‘ulama lain. Tentang ini beliau selalu terbuka dan menyatakan, “Tidaklah tercela adanya berbagai perbedaan pandangan; selama mereka yang berselisih menghendaki kebenaran dan mengharapkan kebaikan. Yang tercela adalah persengketaan hati dan jiwa yang saling mendengki.”

Rahimakallaahu ya Syaikhanal Jaliil.

About Redaksi Thayyibah

Redaktur