Breaking News
(Foto : Tere Liye)

Penjahit Tua dan Tukang Daging

Oleh: Mutiara Latifa dari Tere Leye

(Foto : Tere Liye)

Seorang penjahit tua tinggal di sebuah desa kecil dan biasa menjahit pakaian yang sangat rapih dan indah dan menjualnya dengan harga yang bagus cukup mahal.

Suatu hari, seorang pria miskin dari desa datang kepadanya dan berkata kepada penjahit. “Anda menghasilkan banyak uang dari pekerjaan Anda, lalu mengapa anda tidak membantu orang miskin di desa. Lihatlah penjual daging di desa yang tak punya banyak uang dan setiap hari membagikan daging kepada orang miskin.”

Penjahit itu tidak menanggapinya dan tersenyum tenang. Orang miskin itu keluar dari penjahit dan mengabarkan ke penduduk di desa bahwa penjahit tua itu kaya tetapi pelit, sehingga orang-orang desa membencinya.

Setelah beberapa saat penjahit tua itu jatuh sakit, dan tidak ada penduduk desa yang peduli padanya, dan dia meninggal sendirian. Hari-hari berlalu dan orang-orang desa menyadari bahwa tukang daging tidak lagi mengirimkan daging gratis kepada orang miskin.

Ketika mereka bertanya mengapa tak lagi membagikan daging ke penduduk desa yang miskin? Penjual daging itu  memberi tahu mereka bahwa penjahit tua itu biasa memberi saya sejumlah uang setiap bulan untuk sedekah untuk memberi daging kepada orang miskin. Setelah ia meninggal, berhenti sedekah atas kematiannya.

About Redaksi Thayyibah

Redaktur