Breaking News
(Foto : Doni Riw)

Kartu Truf Iblis

Oleh: Doni Riw

(Foto : Doni Riw)

Iblis pernah berkata, “Demi kemuliaan Mu, aku tidak akan berhenti menyesatkan hamba-hambamu, selama ruh masih menempel di badan mereka.”

Kemudian Allah berfirman,  “Demi kemuliaanKu dan KeagunganKu, Aku tidak akan berhenti memberi ampunan kepada mereka, selama mereka meminta ampunan kepadaKu”. (HR. Ahmad dan Al Hakim)

Sebanyak apapun iblis mempengaruhi manusia untuk bermaksiat, selama manusia memohon ampun, maka sia-sialah upaya Iblis. Meski manusia menghadap Allah dengan membawa dosa sepenuh bumi, Allah akan ampuni, selama manusia tak mensekutukan Allah sedikitpun. (HR Tirmidzi)

Dosa mensekutukan Allah inilah kartu truf iblis. Selama iblis hanya mengajak manusia untuk bermaksiyat, Allah akan ampuni si maksiyat yang beristighfar. Tetapi begitui iblis berhasil membisikkan kemusyrikan, maka tak ada ampunan bagi si musyrik itu, beserta kemaksiyatan yang menggunung.

Musyrik adalah mensekutukan Allah dengan yang lain. Dahulu, strategi iblis dalam memusyrikkan orang adalah menjadikan patung, pohon, dan benda-benda fisik lain sebagai berhala. Tapi saat jaman berkembang, strategi Iblis juga berkembang.

Kini kemusyrikan tak hanya menjadikan benda sebagai berhala. Kemusyrikan hari ini berkembang lebih canggih lagi, yaitu menjadikan sistem, falsafah, dan ideologi menjadi berhala. Saat sistem, falsafah, atau ideologi itu menghalangi seseorang untuk setuju pada penerapan hukum-hukum Allah secara menyeluruh, maka saat itulah sistem, falsafah, dan ideologi itu menjadi berhala canggih masa kini.

Itulah kartu truf iblis masa kini, yang ampuh untuk menjerumuskan manusia ke neraka. Semoga Allah kuatkan kita dari bisikan Iblis untuk mensekutukanNya bersama berhala-berhala modern itu.

About Redaksi Thayyibah

Redaktur