Breaking News
(Foto : Hello Sehat)

Puasa dan Autolisis

(Foto : Hello Sehat)

Jangan kaget ya,  ketiak berpuasa pada jam 12 sampai jam 18 kita akan merasa lemas. Jika itu yang dirasakan, maka bersyukurlah. Karena itu berarti sedang terjadi satu proses yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Proses itu adalah disebut ‘autolisis’. Autolisis adalah proses pembuangan sel-sel yang mati atau rusak di dalam tubuh kita.

Bayangkan, kalau kita lagi gak puasa, organ pencernaan kita hampir tak pernah berhenti bekerja.

Setiap kita makan, butuh sekitar 8 jam organ pencernaan kita bekerja. Jam 7 sarapan pagi. Maka jam 15 organ baru selesai bekerja. Eeh, jam 12 kita sudah makan lagi.

Dari jam 12 harusnya selesai jam 20, tapi kita makan lagi jam 19. Belum lagi kalau jam 23-nya kita ngemil, makan mie tektek atau nasi goreng.

Astagfirullah. Kalo tubuh kita bisa ngomong, mungkin dia akan bilang, “Boss saya resign aja yaa..”

Nah, pas kita puasa. Sahur jam 4 dinihari. Organ tubuh kemudian bekerja sampai jam 12 siang. Jam 12 sampai jam 18, organ kita nganggur, gak ada kerjaan. 6 jam lhoo,  lumayan tuh.

Ibarat ibu-ibu di rumah, kalau lagi gak ada kerjaan, kan suka beres-beres rumah, rapi-rapi, bersih-bersih, buang barang-barang yang gak kepake. Nah sama. Organ kita kalau lagi gak ada kerjaan, mereka akan melakukan bersih-bersih tubuh,  inilah yang disebut Autolisis.

Inilah, kenapa puasa itu sehat, bahkan InsyaAllah bisa ngobatin banyak penyakit. Maag, diabet, ginjal, bahkan kanker. Makin banyak puasa. Makin bersih tubuh kita. Makin sehat kita. InsyaAllah.

Maka bahagialah kita diperintahkan puasa. Selamat berpuasa. Semoga makin cinta menjalankan puasa. Sehat selalu.

Aamiin

 

(Artikel dari WAG tanpa nama dan sumber. Artikel telah alami pengeditan)

About Redaksi Thayyibah

Redaksi Thayyibah
Redaktur