Breaking News
Sersan Bowe Robert Bergdahl (Foto : Istimewa)

Sersan Bowe Robert Bergdahl

Sersan Bowe Robert Bergdahl (Foto : Istimewa)

 Bowe Robert Bergdahl yang lahir 28 Maret 1986 adalah seorang prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) yang ditahan oleh jaringan Taliban blok Haqqani di Afghanistan dari bulan Juni 2009 sampai bebas pada Mei 2014. Bagaimana Bergdahl pergi menghilang dan bagaimana ia ditangkap menjadi bahan perselisihan.

 Laman Al Arabiya memberitakan bahwa Berrgdahl menjai mualaf berdasarkan dokumen rahasia yang ditemukan Fox News. Dari sumber tersebut terungkap bahwa Bergdahl yang awalnya menjadi musuh tiba-tiba berubah berkawan dengan para pejuang Taliban yang menculiknya. “Dia kemudian diterima dan berbaur bersama,” kata sumber Fox News yang mengaku melihat langsung peristiwa itu seperti yang dilansir Al Arabiya.

Bowe dan Presiden Obama (Foto : Istimewa)

 Pada saat beberapa jam setelah dibebaskan oleh Taliban, media Amerika Serikat Fox News mengklaim bahwa Sersan Bowe Bergdahl, telah memeluk Islam selama penangkaran lima tahun di Afghanistan dan menyatakan dirinya sebagai “mujahid”, atau prajurit untuk Islam.

 “Bergdahl telah masuk Islam dan sekarang menggambarkan dirinya sebagai seorang mujahid,” lapor Fox News pada Kamis, 5 Juni, berdasarkan sumber-sumber rahasia.

 Bergdahl bukan orang pertama yang diklaim memeluk Islam selama penawanan Taliban.

Jurnalis veteran dan mantan koresponden perang Yvonne Ridley memeluk Islam pada tahun 2003 setelah ditangkap oleh Taliban di Afghanistan.

  

(Nadira Suud yang diambil dari Mi’raj Islamic News Agency/MINA)

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur