Breaking News
(Foto : Kabar24)

Roka’at Sholaat Tahajud

(Foto : Kabar24)

Semua ulama sepakat bahwa jumlah minimal rakaat shalat tahajud adalah dua rakaat. Oleh karena itu, jika seseorang melaksanakan shalat tahajud dua rakaat, maka hal itu dinilai sudah cukup baik.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab ensiklopedia fiqih yang diterbitkan Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Kuwait :

اتفق الفقهاء على أن أقلها ركعتان خفيفتان؛ لما روى أبو هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال إذا قام أحدكم من الليل فليفتتح صلاته بركعتين

“Ulama fiqih sepakat bahwa jumlah minimal rakaat shalat tahajud adalah dua rakaat. Hal ini berdasarkan hadits yang bersumber dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, ‘Jika kalian melaksanakan shalat malam, maka hendaklah membukanya dengan dua rakaat yang ringan.” (lihat al-Mausu’ah al-Fiqhiyah, Wizarah al-Auqaf wa-Asy-Syu’un al-Islamiyah, juz 14, th. 1998. Cet. 2, hal. 88).

Adapun jumlah maksimal rakaat shalat tahajud tidak dibatasi menurut ulama Syafiiyah dan Hanbiliah sehingga seseorang boleh melakukan shalat tahajud sebanyak yang ia sanggup. Dengan kata lain jumlah maksimal rakaat tahajud tidak ada batasnya (Lihat al-Mausu’ah al-Fiqhiyah, Wizarah al-Auqaf wa-Asy-Syu’un al-Islamiyah, juz 14, th. 1998. Cet. 2, hal. 89).

Hal ini berdasarkan hadits riwayat Imam Ahmad, Thabrani dan al-Hakim dari Abu Dzar dan Abu Umamah, Nabi Muhammad Shollallaahu’Alaihi Wa Sallam :

الصَّلَاةُ خَيْرُ مَوْضُوعٍ، فَمَنْ شَاءَ اسْتَقَلَّ، وَمَنْ شَاءَ اسْتَكْثَرَ

“Shalat adalah sebaik-baik ibadah yang telah ditetapkan. Karena itu, boleh seseorang melakukan sedikit sesukanya dan boleh memperbanyak sesukanya.”

 Wallaahu A’lam.

About Redaksi Thayyibah

Redaktur