Breaking News
(Foto : Istimewa)

Sulaiman Ar Rojihi, Dermawan Inspiratif

Sulaiman Al Rajihi (Foto : Liputan6)

Sulaiman bin Abdul Aziz Ar Rojihi adalah seorang pebisnis dan miliarder di Kerajaan Saudi Arabia (KSA). Kekayaannya ditaksir mencapai $7,7 Milyar pada tahun 2011 oleh majalah Forbes, menjadikannya orang terkaya ke-120 di dunia.

 Tahukah Anda, bahwa Sulaiman Ar Rojihi yang lahir di Qasim pada tahun 1929 adalah lulusan SD?

Beliau berasal dari keluarga miskin di KSA hingga untuk sekolah saja sangatlah sulit. Akhirnya setelah lulus SD, Sulaiman Ar Rojihi memilih bekerja untuk membantu keluarganya agar bisa bangkit dari kemiskinan.

 Sulaiman Ar Rojihi yakin bahwa untuk bisa sukses dengan cepat, seseorang harus menjalankan sebuah bisnis. Bahkan, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menjalankan sebuah bisnis untuk keluarga dan umatnya. Sulaiman Ar Rojihi membangun bisnis di bidang perkebunan dengan mendirikan perusahaan bernama National Agricultural Development Company (NADEC).

 

(Foto : Istimewa)

Sulaiman Ar Rojihi memiliki 23 anak yang dibesarkan sendiri dengan uangnya. Seluruh anaknya dididik untuk mampu berusaha dan berbisnis. Setiap anak dari Sulaiman Ar Rojihi diberi perusahaan untuk dikembangkan sendiri dan menjadi pundi-pundi uang dengan usahanya sendiri.

 Di usianya yang genap 90 tahun, Sulaiman Ar Rojihi ingin hidup dengan bahagia. Dia tidak membutuhkan semua harta yang dimiliki meski jumlahnya sangatlah banyak. Uang yang berjumlah $7,7 Milyar itu disumbangkan ke lembaga amal untuk keperluan pendidikan dan juga kesejahteraan masyarakat di negara Arab. Keputusan ini juga didukung oleh 23 anaknya karena hanya itu yang bisa membuat ayahnya bahagia.

 Selain menyumbangkan hartanya untuk amal. Sulaiman Ar Rojihi juga membangun sebuah kampus bernama Sulaiman Ar Rojihi University di tanah kelahirannya. Universitas ini gratis bagi masyarakat miskin yang ingin belajar tentang kesehatan dan perbankan Islam yang dewasa ini mulai merambah negara-negara di kawasan Eropa.

 Sulaiman Ar Rojihi juga memiliki kebun kurma terbesar di dunia yang terletak di Provinsi Al Qasim, Kerajaan Saudi Arabia. Kebun kurma ini memiliki luas sekitar 5.000 hektar dan ditumbuhi 200.000 pohon kurma dari 45 jenis kurma. Ternyata kebun kurma ini diwakafkan oleh Ar Rojihi untuk kepentingan Islam. Hasil panennya dibagikan kepada lembaga-lembaga amal dan Al Haramain yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi setiap Bulan Ramadhan untuk buka bersama. Inilah yang tercatat sebagai wakaf terbesar di dunia.

 Sulaiman Ar Rojihi juga membangun masjid yang cukup megah dan besar di jantung Kota Riyadh. Dimana masjid yang beliau bangun bisa menampung 18.000 jama’ah. Beliau bangun masjid tersebut dari harta pribadinya.

 

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur