Bantuan paket sembako Pemda DKI untk masyarakat terdampak Covid-19 (Foto : Tempo)

KADO MANIS ANIES: SERANGAN JURUS MABUK SEMBAKO

Oleh : Tarmidzi Yusuf (Pengamat Politik Islam)

Bantuan paket sembako Pemda DKI untk masyarakat terdampak Covid-19 (Foto : Tempo)

Zui quan atau biasa kita kenal jurus mabuk. Istilah dalam kungfu China yang secara umum meniru gerakan orang yang sedang mabuk. Misalnya, lakon sambil minum arak gerakan meliuk-liuk untuk mengacaukan konsentrasi lawan. Membuyarkan fokus lawan dengan gerakan tipuan. Lawan gagal fokus. Mudah untuk dipukul. Satu kali pukul tumbang. Itu untuk sesama pemabuk. Bagi yang bukan pemabuk sangat mudah membaca jurus mabuk.

Pasca Anies Baswedan banyak mendapat pujian atas penanganan covid-19 di DKI. PSBB Indonesia dinilai sebagai copy paste dari PSBB yang dilakukan Anies Baswedan. Contoh. Meliburkan sekolah, penutupan perkantoran hingga pembatasan transportasi yang sebelumnya sempat ‘berseberangan’ dengan Menko dan Menhub ad interim LBP.

Distribusi sembako yang diantar ke rumah warga bukan ala lempar dari mobil. Mabuk sembako serangan baru terhadap Anies Baswedan.

Tiga menteri sekaligus ‘keroyok’ Anies Baswedan. Seorang Menko dan dua menteri. Mempersoalkan anggaran dan distribusi sembako yang dituduh kacau balau. Tidak tepat sasaran. Kata seorang menteri.

Masalahnya, kenapa jurus mabuk sembako hanya Anies Baswedan yang jadi sorotan. Bukankah semua daerah bermasalah. Ada apa? Daerah lain lebih kacau balau dan tidak tepat sasaran. Beberapa Kepala Desa di Jawa Barat videonya viral tentang amburadulnya data penerima sembako yang tidak tepat sasaran.

Anies Baswedan dapat hadiah ulang tahun. Jurus mabuk sembako. Tujuannya jelas. Membunuh karakter Anies Baswedan. Caranya, blow up isu sembako tidak tepat sasaran. Tidak tanggung-tanggung, tiga menteri turun gunung serang Anies Baswedan yang digadang-gadang punya kans besar the next president. Covid-19 telah menguji Anies Baswedan sebagai orang yang tepat untuk Presiden selanjutnya.

Jurus mabuk lainnya. Mabuk kekuasaan. Meliuk-liuk berakrobat. Merayu seorang kepala daerah agar TKA China lolos. Soal masuknya 500 TKA China ke Sulawesi Tenggara. Sedang LBP resah ketika 500 TKI penghasil devisa akan pulang ke Indonesia.

Ada pula yang sedang mabuk uang. Rencana cetak uang Rp 600 triliun yang ditolak Gubernur Bank Indonesia. Cetak uang dalam kondisi seperti ini akan berdampak besar pada inflasi dan daya beli. Nilai mata uang rupiah bakal tergerus akibat inflasi tinggi. Rakyat menjerit karena daya beli rendah. Barang-barang akan mahal. Rupiah tak bernilai.

Terakhir, mabuk mudik. Mudik dilarang tapi pulang kampung boleh. Moda transportasi kembali akan dibuka. Jurus mabuk ambigu. Mendistori kosa kata.

Orang cerdas bisa membaca jurus mabuk politisi karena bukan alumni Universitas Gajah Mungkur.

Selamat berkarya dan berjuang Anies Baswedan alumni Universitas Gajah Mada. Hari ini, Kamis 7 Mei 2020 genap 51 tahun. Hati-hati dari serangan jurus mabuk para oportunis dan pecundang.

About Redaksi Thayyibah

Redaktur