Breaking News
Kedekatan Ayah dengan Anaknya (Ilustrasi)

5 Tips Membangun Hubungan Baik dengan Calon Anak Tiri

thayyibah.com :: Menjalin hubungan dengan mereka yang telah mempunyai anak memiliki tantangannya sendiri. Mengambil hati dan mendekati calon anak tiri Anda mungkin tidak akan semudah kedengarannya. Pasalnya, Anda perlu menemukan cara yang tepat untuk mengenalkan diri sebagai calon orangtua baru mereka.

Faktor yang memengaruhi hubungan dengan calon anak tiri

ayah dan anak perempuan

Sebelum mengenalkan diri sebagai calon orangtua baru, pahami bahwa terdapat sejumlah faktor yang dapat memengaruhi hubungan Anda dengan anak-anak dari pasangan Anda. Faktor-faktor tersebut di antaranya:

  • Usia anak. Biasanya, lebih mudah untuk mendekati calon anak tiri ketika usianya masih anak-anak. Namun, beberapa anak mungkin saja memberontak setelah beberapa tahun kemudian. Kuncinya adalah bicara secara terbuka kepada anak.
  • Seberapa lama Anda mengenal mereka. Semakin lama Anda mengenal anak dari pasangan, semakin baik pula hubungan Anda dengan mereka.
  • Seberapa lama Anda menjalin hubungan dengan orangtua mereka. Jika Anda terburu-buru, anak-anak justru akan beranggapan bahwa sikap Anda tidaklah tulus. Upaya Anda untuk mendekati calon anak tiri pun bisa saja tak mulus.
  • Komunikasi antara pasangan Anda dengan mantan suami/istrinya. Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan calon anak tiri, apabila komunikasi antara Anda dan pasangan, beserta mantan suami/istrinya berjalan dengan baik.
  • Berapa banyak waktu yang Anda habiskan dengan mereka. Ini adalah momen bagi Anda untuk mendekatkan diri dan saling terbuka dengan anak-anak dari pasangan Anda.

Cara membangun hubungan baik dengan calon anak tiri

Hubungan baik dengan calon buah hati Anda tidak bisa terjadi begitu saja. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendekati calon anak tiri:

1. Mengawali hubungan dengan sabar

Salah satu kunci awal sebelum bisa mendekati calon anak tiri adalah bersabar. Respons yang mereka berikan terkadang tak sesuai harapan.

Itu sebabnya, cobalah untuk bersabar ketika anak-anak dari pasangan Anda memberikan tanggapan negatif. Mereka tidak akan memberikan cinta dan rasa percaya kepada Anda begitu saja. Justru, Anda yang harus menciptakannya.

2. Hargai hubungan pasangan Anda dengan mantan suaminya

Agar bisa membangun hubungan baik dengan calon anak tiri, maka Anda juga harus menghargai keberadaan sang mantan suami/istrinya.

Misalnya, Anda menjalin kasih dengan seorang single mom. Berikan kesempatan bagi calon anak tiri Anda saat mereka ingin menghabiskan waktu bersama ayahnya.

3. Memahami sudut pandang anak

Dengan memahami sudut pandang anak, Anda menunjukkan kepedulian terhadap kebahagiaannya. Biarkan ia melakukan apa yang diinginkan selama itu merupakan hal yang positif.

Melalui hal itu, calon anak tiri Anda dapat semakin percaya dan Anda dapat membangun hubungan yang baik.

4. Melakukan kegiatan menyenangkan bersama anak

Kegiatan menyenangkan seperti berolahraga, rekreasi, dan memasak bersama bisa menjadi cara untuk mendekatkan diri dengan anak-anak dari pasangan Anda. Setiap anak memiliki hobi yang berbeda, jadi cobalah untuk cari tahu terlebih dahulu.

5. Menjelaskan peran Anda

Anak yang belum memahami benar perihal orangtua tiri mungkin akan memberikan respons negatif. Jika demikian, cobalah menjelaskan peran Anda sebagai orangtua tiri.

Untuk mendekati calon anak tiri, berikanlah penjelasan bahwa keberadaan Anda bukan untuk menggantikan kasih sayang orangtua kandungnya.

Membangun hubungan baik dengan calon anak tiri memang membutuhkan upaya keras, sikap konsisten, dan kesabaran. Tentu tidak mudah memperoleh kepercayaan dan kasih sayang seorang anak yang sangat mencintai orangtua kandungnya.

Meski demikian, hal ini bukanlah mustahil. Kuncinya adalah sampaikan ketulusan Anda dengan sabar. Seiring waktu dan intensnya komunikasi, anak-anak dari pasangan Anda akan mulai membuka diri mereka.

Sumber: hellosehat.com

About A Halia