Breaking News
KH. ADAM di usia senja (Foto : NUSubang)

KALIGRAFI SYAHADAT DAN KH. ADAM

Kaligrafi dua kalimat syahadat (Foto : Istimewa)

 

Semua kita tentu pernah melihat kaligrafi ini, bertuliskan dua kalimat syahadat yang menggambarkan orang sedang duduk tahiyat akhir. Mungkin kaligrafi tersebut pernah atau bahkan sedang terpampang di dinding rumah atau gedung milik kita. Kaligrafi ini sudah mendunia dan diproduksi dalam berbagai media dan diperdagangkan dalam berbagai bentuk.

KH. ADAM di usia senja (Foto : NUSubang)

Tapi, tahukah kita siapa sesungguhnya pembuat kaligrafi itu? Diketahui pembuat kaligrafi terkenal itu adalah KH. Alan Dahlan Ahmad Marzuki (ADAM) asal Sumedang, Jawa Barat. Kaligrafi itu dibuat KH. ADAM pada tahun 1955 saat dia masih muda belia, berumur 20-an tahun di Pesantren Al Falah, Cikoneng, Ganeas, Sumedang, Jawa Barat.

KH. ADAM saat usia muda dan karya kaligrafinya (Foto : Istimewa)

Sayang, seminggu lalu, tepatnya tanggal 5 Februari 20202, KH. ADAM menghembuskan napas terakhirnya saat usianya 85 tahun di Sumedang, Jawa Barat. Dia pergi meninggalkan satu orang istri, 5 anak, 10 cucu dan 6 cicit serta karya seni kaligrfi yang tak terhitung.

Diyakini, KH. ADAM tidak pernah mendapatkan royalty dari hasil karyanya yang sangat fenomenal dan mendunia itu : kaligrafi dua kalimat syahadat.

 

About Darso Arief

Lahir di Papela, Pulau Rote, NTT. Alumni Pesantren Attaqwa, Ujungharapan, Bekasi. Karir jurnalistiknya dimulai dari Pos Kota Group dan Majalah Amanah. Tinggal di Bekasi, Jawa Barat.