Breaking News

Ahli Ungkap Warna Lipstik yang Paling Berbahaya untuk Kesehatan

thayyibah.com :: Sewaktu kecil, Anda biasanya dimarahi jika mencoba memakai lipstik milik sang bunda. Selain takut bentuknya yang akan hancur, mereka menyadari kandungan pada lipstik bisa meracuni Anda.

Sebuah laporan yang dipublikasikan baru-baru ini pun melansir temuan dari bahaya penggunaan lipstik setiap hari. Padahal, seperti kita tahu, perempuan tak bisa jauh dari penggunaan lipstik.

Seperti dilansir dari laman TimesofIndia, lipstik mengandung timbal yang merupakan racun bagi sel saraf. Meskipun tidak semua lipstik mengandung timbal, tidak ada merek lipstik yang mencantumkan timbal dalam label informasinya.

Hal yang mengkhawatirkan adalah bibir merupakan salah satu bagian tubuh paling permeabel atau mudah menyerap zat-zat yang ada di sekitarnya. Seperti kita tahu lipstik mengandung berbagai bahan kimia.

Sementara itu para ahli medis berpendapat bahwa tidak ada tingkat aman dari besaran timbal dalam darah. Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California menemukan bahwa ketika perempuan memakai lipstik dan menerapkannya dua hingga 14 kali sehari, mereka bisa menyerap 87 miligram timbal dalam sehari.

Lalu apa efeknya jika para kaum hawa menggunakan lipstik setiap hari? Dr Rashmi Shetty, seorang pakar kosmetik, mengatakan seseorang harus waspada jika terbiasa memakai lipstik setiap hari. Pasalnya lipstik warna merah dan lebih gelap memiliki jumlah logam paling banyak.

“Kebiasaan menjilati bibir, retouching atau memakai lipstik matte dapat memiliki efek buruk,” ujarnya.

Untuk meminimalisir efek negatif dari pemakaian lipstik, Shetty menganjurkan untuk selalu memakai alas atau primer bibir sebelum mengaplikasikan lipstik dan menghentikan kebiasaan mengoleskannya beberapa kali sehari.

Sumber: Suara.com

About A Halia