Breaking News

Cara Membuat Benteng Pertahanan Diri Terhadap Virus Corona

Terpopuler Kesehatan: Suspect Virus Corona di Indonesia, Empedu Penuh Boba
Ilustrasi tes darah untuk mengetahui pasien terinfeksi virus corona (coronavirus) atau tidak. (Shutterstock)

 

thayyibah.com :: Dokter ahli gizi Tan Shot Yen mengungkapkan virus corona bisa dicegah masuk ke dalam tubuh manusia bila memiliki daya tahan yang kuat. Orang dapat terpapar infeksi virus dari tiga aspek yakni orangnya, sumber penyakit, dan lingkungan.

Aspek pertama, pencegahan dari diri sendiri. Jika orang tersebut memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka akan lebih sulit terkena penyakit. Selain memiliki daya tahan tubuh yang kuat, perilaku hidup sehat sangat penting untuk perkembangan virus.

“Kedua, jika perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dijalankan, maka kontribusi risiko turun lagi,” ungkapnya.

Tan mengatakan banyak orang tidak sadar bahwa dirinya memegang peranan penting sebagai benteng terhadap penyakit. Sayangnya, benteng kerap mudah jebol, bahkan terbuka lebar karena perilaku hidup yang tidak tepat.

Perilaku yang dimaksud adalah ketidakteraturan pola makan, tidak melakukan olahraga yang cukup. Bahkan, ada juga yang olahraga tetapi tidak terkena sinar matahari dan ini akan membuat daya tahan tubuh semakin lemah dan tubuh mudah jatuh sakit.

Aspek ketiga adalah lingkungan. Kebiasaan mencuci tangan hingga bersih, mengatur sirkulasi udara rumah dan kantor dengan membiarkan cahaya matahari masuk akan membuat perkembangan virus terbatas. Biasanya, ruangan yang tidak terkena sinar matahari akan disukai oleh virus sebab perkembangbiakan virus akan sangat cepat dan menginfeksi satu orang hingga satu kelompok dengan cepat. Selain itu, peralatan yang berada di sekitar harus tetap dijaga kebersihan.

Tan mengatakan kebersihan sehari-hari akan memberikan kontribusi yang sangat berharga. Terkait sumber penyakit, pengendalian tentu menjadi tanggung jawab bersama. Jika ditemukan adanya indikasi atau infeksi virus corona, maka penanganan yang tepat harus dilakukan. Karantina harus diberlakukan. Apalagi, jika cara penularannya lewat udara, artinya mudah menular melalui percikan udara seperti penyakit saluran napas pada umumnya.

Sumber: tempo.co

About A Halia