Breaking News

Jangan Makan Berat di Atas Jam 6 Sore!

Ilustrasi pisang. Shutterstock/Lecic

 

thayyibah.com :: Jadwal kerja serta kesibukan yang padat seringkali membuat Anda baru bisa menyantap makan malam di atas jam 6 sore. Selain itu kultur di Indonesia juga menerapkan Anda untuk makan malam pada pukul 7 malam. Padahal tersimpan bahaya kesehatan di balik jam makan ini.

Sebuah penelitian dilansir dari dailymail.co.uk menyebutkan bahwa makan malam atau mengonsumsi makanan di atas jam 6 sore mampu menimbulkan serangkaian masalah kesehatan perut dan obesitas. Terutama ketika Anda memilih menu makan malam yang tinggi karbohidrat dan minyak.

“Di malam hari adalah fase dimana sistem tubuh Anda melambat, begitu pula sistem pencernaan. Sehingga mengonsumsi makanan berat di jam ini hanya akan membuat makanan tidak bisa tercerna dan dibakar dengan baik. Hasilnya muncul timbunan makanan yang berpotensi menyebabkan obesitas,” ujar Dr Neil Stanley, peneliti independen dari Inggris.

“Atas dasar itu bukan berarti Anda tidak boleh makan di malam hari. Namun pilihlah menu makanan yang tidak terlalu berat. Saya menyarankan Anda untuk makan pisang di malam hari sebab pisang mengandung asam amino yang disebut tryptophan. zat ini akan memproduksi hormon melatonin yang mampu membuat tidur Anda menjadi nyenyak.”

Sumber: merdeka.com

About A Halia