Breaking News

3 Kiat Memilih Skin Care yang Tepat untuk Kulit Kombinasi

thayyibah.com :: Area dahi, hidung, dan dagu kembali berminyak setelah Anda mencuci muka tapi area pipi dan bawah mata terlihat lebih kering? Jika ini keluhan Anda, kemungkinan besar Anda memiliki kulit kombinasi. Kulit kombinasi adalah perpaduan kulit berminyak dan kulit kering. Merawat jenis kulit seperti ini pasti jadi tantangan bagi Anda. Apalagi dalam memilih produk perawatan kulit. Jangan bingung, ikuti panduannya berikut ini untuk membantu Anda menentukan produk skin care untuk kulit kombinasi yang paling baik.

Tips memilih produk skin care untuk kulit kombinasi

Kulit kombinasi menandakan bahwa area kulit tertentu lebih kering dan area lainnya sebaliknya, terlalu berminyak. Area kulit yang biasanya berminyak adalah hidung, dahi, dan dagu. Area ini dikenal dengan T-zone. Selain area kulit tertentu yang lebih berminyak atau kering, kulit kombinasi kadang membuat pori-pori terlihat besar dan berkomedo.

Untuk merawat kulit kombinasi, langkah-langkah untuk mendapatkan produk skin care yang tepat, antara lain:

1. Pilih produk khusus kulit kombinasi

memilih sampo

Ada banyak produk perawatan wajah yang dibuat khusus untuk jenis kulit tertentu. Jika Anda memiliki kulit kombinasi, Anda tidak boleh asal memilih sabun pembersih, toner, dan produk skin care yang diformulasikan untuk kulit kering, kulit normal, atau kulit berminyak.

Menggunakan produk skin care yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan memperburuk kondisi kulit sehingga jadi lebih sensitif dan rentan iritasi.

2. Baca kandungan bahan aktifnya

memilih pelembap

Apa saja produk skin care untuk kulit kombinasi yang Anda butuhkan? Banyak, bukan hanya sabun pembersih, lho. Anda perlu memakai pelembap, toner, krim tabir surya, dan produk lainnya supaya kelembapan dan keseimbangan minyak di wajah tetap terjaga. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk produk skin careAnda, antara lain:

Pembersih wajah

Untuk kulit kombinasi, sebaiknya Anda memilih produk pembersih yang berbasis air, bukan minyak. Kemudian, pilih tekstur pembersih yang lembut seperti berbentuk gel atau krim. Pembersih yang berbasis air lebih efekif menghilangkan kotoran dan mencegah terjadinya penyumbatan minyak di pori-pori.

Tabir surya

Tabir surya bebas minyak cukup aman untuk orang dengan kulit kombinasi saat berada di luar ruangan. Tabur surya ini mencegah pembentukan jerawat di area kulit yang berminyak.

Pelembap

Bahan aktif pelembap yang baik untuk kulit kombinasi adalah gliserin, niaciamide, asam hialuronat, vitamin A, vitamin B, vitamin, C, vitamin D. Semua bahan tersebut dapat menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, dan meningkatkan produksi sel baru dan kolagen. Pelembap harus bebas dari minyak untuk mencegah terbentuknya jerawat akibat penyumbatan minyak.

Toner

Meski astringent juga bahan pembersih, toner dianggap lebih aman untuk kulit kombinasi. Astringent umumnya mengandung alkohol yang cenderung membuat kulit kering. Jika Anda menggunakan pembersih ini, kemungkinan area kulit yang kering akan semakin kering dan menimbulkan iritasi.

Sementara untuk toner, Anda bisa pilih yang bebas alkohol. Kandungan toner yang baik untuk kulit berbasis air, dan antioksidan dari teh hijau, lidah buaya, jamur white jelly, stroberi, anggur, cendana, serta pantenosida.

3. Lakukan uji sensitivitas lebih dulu, ya

pelembap untuk psoriasis

Meski skin care diformulasikan untuk kulit kombinasi, Anda belum tentu cocok dengan produk ini. Jadi, setiap mencoba produk baru, sebaiknya lakukan uji sensitivitas lebih dulu. Beli produk ukuran kecil dan pakailah sedikit pada area kulit tertentu.

Jika dalam beberapa jam Anda merasa tidak nyaman seperti muncul rasa gatal atau kemerahan, sebaiknya hentikan pemakaian. Bila produk yang akan Anda pakai lebih dari satu, maka uji produknya satu-satu, jangan langsung bersamaan. Menggunakan dua produk baru secara bersamaan membuat Anda susah menilai efektivitas produk.

Artikel: https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/skin-care-untuk-kulit-kombinasi/

About A Halia