Breaking News

Tiga Lokasi Penyuplai Hunian Syariah Terbesar di Bandung

thayyibah.com :: Dewasa ini, provinsi Jawa Barat diketahui merupakan supplier terbesar hunian tapak untuk masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal. Tidak hanya untuk hunian konvensional, proyek-proyek hunian syariah yang dikembangkan di bumi Pasundan pun menjadi supplier teratas opsi alternatif bermukim ini.

Rumah syariah pada dasarnya merupakan hunian yang dikembangkan berbasis syariat agama Islam yang ditujukan khusus untuk masyarakat Islam, baik dari pengembangannya, transaksi jual belinya, hingga tata cara bersosialisasi para pemukimnya.

Di antara berbagai wilayah di Jawa Barat yang menyuplai hunian tipe syariah di Indonesia, Bandung merupakan salah satu peringkat teratas tidak hanya dari pengembangan proyeknya namun juga dari sisi permintaan huniannya.

Dilansir dari data yang dihimpun Lamudi Indonesia, saat ini sekitar 15-20 proyek jual rumah Bandung syariah telah dikembangkan dan tersebar di seluruh area kota kembang tersebut. Harga jual rumah Bandung rata-tara yang ditawarkan pun diketahui sangat bersaing untuk golongan masyarakat berpendapatan menengah dan MBR di angka 300 juta rupiah.

Untuk lokasi yang terbaik, proyek-proyek hunian tapak syariah di Bandung dapat ditemukan di beberapa wilayah ini.

Kota Bandung

Meskipun tergolong padat seperti halnya di Jakarta, Kota Bandung masih menyediakan lokasi untuk pengembangan proyek-proyek syariah. Hanya saja, beberapa proyek jual rumah Bandung tipe syariah yang tersedia di sana masih cenderung minim dibanding wilayah lain di Bandung serta terletak di wilayah-wilayah bottle neck atau perbatasan kota. Sebut saja beberapa kecamatan yakni Gedebage, Cibiru, Ujung Berung, hingga Ciwastra.

Harga rata-rata terendah jual rumah Bandung syariah di kota Bandung pada dasarnya tergolong lebih tinggi dibanding yang disebutkan sebelumnya yakni berkisar di angka 500 – 700 juta rupiah. Harga yang bersaing tersebut dirasa pantas mengingat kualitas hunian yang ditawarkan tergolong unggul dibanding wilayah Bandung lain yang menawarkan hunian tipe serupa.

Bandung Timur

Terletak bukan dalam wilayah administrasi Kota Bandung melainkan pada Kabupaten Bandung Barat, wilayah Bandung Timur pada dasarnya terletak di wilayah administrasi Kabupaten Bandung. Bandung Timur diketahui merupakan kawasan berkembang yang prospektif di penyanggah kota Bandung yang berisikan kawasan industri dan kawasan pendidikan.

Unit-unit jual rumah Bandung syariah yang ditawarkan di sini dibanderol dengan harga yang serupa di kisaran 300-400 juta rupiah. Jika ditelusuri lebih dalam, penyebaran hunian di Bandung Timur yang terletak pada kecamatan Rancaekek, Cicalengka, dan Cileunyi, lebih banyak menawarkan hunian inden yang cocok untuk masyarakat pencari properti hunian pertama.

Bandung Barat

Sama seperti halnya Bandung Timur, Bandung Barat juga bukan berada di perkotaan Bandung dan merupakan kawasan penyanggah kota. Terletak di wilayah administrasi Kabupaten Bandung Barat, proyek-proyek jual rumah Bandung syariah pada area ini adalah supplier terbesar di Kota Kembang.

Bandung Barat diketahui menjadi area utama pencaharian properti syariah di kota Kembang dikarenakan banderolan harga rata-rata jual rumah Bandung bertipe syariah disini adalah yang paling murah dibanding dua wilayah sebelumnya. Di area ini, masyarakat dapat menemukan harga jual rumah Bandung bertipe syariah yang sama dengan banderolan harga rumah subsidi pemerintah.

About Masluchah

Praktisi sosial kemasyarakatan