Breaking News
Foto laki-laki yang menangis

Kenapa Kita Merasa Lelah dan Pusing Setelah Menangis?

 

thayyibah.com :: Semua manusia pasti pernah menangis. Kita bisa menangis karena berbagai alasan, entah karena kehilangan orang yang disayang, merasakan kebahagian, efek nonton film, ataupun karena frustrasi. Hal tersebut sangatlah wajar.

Air mata sebenarnya tidak hanya keluar karena kita merasa sedang emosi. Setidaknya ada 3 jenis air mata yaitu air mata basal untuk melindungi mata, air mata refleks atau air mata yang keluar secara refleks untuk merespon iritasi, dan yang terakhir adalah air mata emosi. Namun pasti terselip pertanyaan kenapa sih kita merasa lelah dan pusing setelah nangis?

 

Penyebab lelah dan pusing setelah menangis

Inilah alasan mengapa Anda merasakan lelah dan pusing setelah menangis.

1. Hormon stres

Ketika Anda menangis, tubuh melepaskan hormon stres. Hormon-hormon ini secara alami menyebabkan perubahan dalam tubuh Anda, termasuk menyebabkan sakit kepala. Sebagian orang merasakan sakit kepala ringan namun ada beberapa orang yang merasakan sakit kepala seperti migrain.

2. Dehidrasi

Menangis juga menyebabkan Anda kehilangan sebagian cairan tubuh. Hal inilah yang membuat Anda dehidrasi dan merasakan kelelahan. Rasa pusing, haus yang ekstrem, dan mulut kering secara bersamaan merupakan gejala dehidrasi parah yang bisa memicu kontraksi otot, tekanan darah rendah dan perut kembung.

3. Masalah sinus

Terlalu lama menangis membuat air mata terkontaminasi dengan udara yang masuk ke rongga hidung, yang menyebabkan hidung tersebut meradang. Bagi sebagian orang yang punya masalah sinus, ini akan menimbulkan sakit kepala yang disertai dengan denyut nyeri di antara mata dan hidung. Beberapa orang sangat sensitif terhadap hal tersebut sehingga membuat mereka merasakan sakit kepala berkepanjangan.

4. Peradangan

Selain melepaskan hormon stres, menangis juga menyebabkan peradangan dalam tubuh yang menyebabkan saraf wajah terganggu. Gangguan saraf wajah sering dikaitkan dengan migrain dan sakit kepala serius lainnya.

 

Bagaimana cara meredakan rasa pusing setelah menangis?

1. Istirahat

Tidak dapat dipungkiri jika tidur adalah solusi terbaik untuk merileksasikan tubuh. Setelah Anda selesai menangis, dianjurkan untuk tidur selama beberapa waktu untuk membantu Anda mengurangi rasa sakit kepala. Saat Anda terbangun, nantinya tubuh menjadi lebih segar dan bugar kembali.

2. Minum air

Setelah menangis, tenangkan diri Anda dengan banyak minum air putih. Pasalnya, minum air membantu Anda mengganti cairan tubuh yang hilang selama menangis. Jangan pernah minum alkohol setelah menangis, hal ini justru akan membuat kondisi Anda lebih buruk.

3. Konsumsi obat analgesik

Konsumsilah obat sakit kepala seperti acetaminophen, ibuprofen, dan sejenisnya. Namun kadang untuk masalah yang lebih serius, sakit kepala yang berkepanjangan merupakan tanda depresi. Segera konsultasi ke dokter jika sakit kepala tidak kunjung reda.

4. Pijat kepala

Pijat kepala Anda saat sedang kermas menggunakan ujung jari secara perlahan untuk mengurangi ketegangan otot kepala. Jika perlu, Anda bisa juga memanggil tukang pijat profesional untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih.

Sumber: hellosehat

About A Halia