Breaking News

Rahasia Masakan Lezat Tanpa Penyedap Rasa

Foto: shutterstock.com
Penyedap rasa atau yang biasa disebut dengan Monosodium Glutamat (MSG) memiliki dampak berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

thayyibah.com :: Kebiasaan masyarakat Indonesia menilai sebuah makanan enak itu dari banyaknya penyedap rasa yang terkandung di dalamnya.

Penyedap rasa atau yang biasa disebut dengan Monosodium Glutamat (MSG) memiliki dampak berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti pemicu obesitas, Alzheimer, dan penyakit kronis lainnya.

Untuk itulah, sudah sewajarnya pemakaian penyedap rasa tersebut mulai dihentikan. Salah satu cara agar tetap menghasilkan makanan dengan rasa enak tanpa bantuan MSG, adalah dengan penggunaan kaldu.

“Kunci masak itu di kaldu. Segala macam makanan dasar nya pakai kaldu, bisa ayam, ikan, daging, itu aja. Buat anda yang anti MSG, kuncinya itu kaldu,” ucap Chef Stefu Santoso, perwakilan ACPI (Association of Culinary Professionals Indonesia), di Kuningan, Jakarta Selatan, Jum’at, 19 Oktober 2017.

Selain kaldu, menurut Stefu, tidak ada bahan makanan lain yang mampu menggantikan rasa enak (umami) yang dihasilkan oleh penyedap rasa. Namun, bagi Sahabat Dream yang vegetarian, ada varian kaldu lain selain menggunakan hewani.

“Bikin kaldu sari sayur bisa. Biasanya sayur campur jamur. Tapi harus diingat, umaminya beda sama kaldu hewani. Jamur yang digunakan biasanya jamur shitake. Terus ditambah jagung yang punya natural sweet cukup enak, bikin kaldunya makin enak,” jelas Stefu.  (ism)

Sumber: dream

About A Halia