Breaking News

7 Mitos Soal Gluten Ini Masih Dipercaya Banyak Orang, Kamu Termasuk?

thayyibah.com :: Gluten adalah nama umum untuk protein yang ditemukan dalam gandum, rye, barley, dan beberapa biji-bijian lainnya. Selama tahun-tahun terakhir, tampaknyagluten telah dijadikan penjahat utama di dunia nutrisi.

Banyak toko-toko dan restoran yang mulai memiliki menu bebas gluten. Bahkan di Amerika Serikat hampir sepertiga orang dewasa mencoba mengurangi konsumsi gluten mereka. Sebenarnya apa sih jahatnya gluten ini? Yuk kita simak mana yang mitos dan mana yang fakta!

Mitos 1: Mengurangi konsumsi gluten akan membuat ususmu lebih sehat

Fakta: Sama sekali tidak ada bukti yang dapat dipercaya atau konfirmasi bahwa pencernaan atau kesehatan ususmu akan membaik ketika kamu memotong gluten dari makanan kamu. Jadi kamu tidak menderita penyakit no prescription needed international. celiac, yang merupakan intoleransi gluten yang parah, atau sensitivitas gluten lainnya, maka tidak perlu menghindari gluten.
Selain itu, bersama dengan menghilangkan gluten, kamu akan sangat mungkin mengonsumsi lebih sedikit serat dan yang dapat menyebabkan lebih banyak masalah dengan pencernaanmu.

Mitos 2: Menghindari gluten akan menurunkan berat badan

Fakta: Gluten sendiri tidak ada hubungannya dengan berat badanmu. Apakah kamu akan menurunkan berat badan atau menambahnya tergantung pada kualitas dan kuantitas makanan yang kamu makan, juga gaya hidupmu. Kalau kamu tidak mengontrol ukuran porsi dan jumlah kalori, walaupun kamu hanya mengonsumsi makanan bebas gluten, berat badanmu akan tetap bertambah.

Mitos 3: Makanan bebas gluten selalu lebih baik dan lebih sehat

Fakta: Makanan bebas gluten harganya lebih mahal daripada makanan biasa dan tidak ada yang menjamin mereka lebih sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kalau kamu tidak memiliki penyakit celiac, maka makanan tanpa gluten maupun memiliki gluten memiliki dampak yang sama.

Banyak makanan bebas gluten, seperti kue-kue bebas gluten, roti, dan pasta mengandung lebih banyak gula, garam, lemak jenuh, dan kalori daripada makanan biasa. Ada juga jumlah serat dan protein yang lebih rendah di dalamnya. Pada saat yang sama, makanan dengan gluten memiliki nutrisi penting untuk kesehatanmu. Roti, misalnya, memiliki folat, serat, kalsium, kalium, zat besi dan banyak lagi.

Mitos 4: Kamu akan memiliki lebih banyak energi kalau makan-makanan bebas gluten

Fakta: Beberapa sumber mengatakan bahwa mereka mengalami peningkatan tingkat energi setelah mengurangi gluten. Ini mungkin terjadi ketika individu mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, daripada makanan olahan tinggi kalori dan tinggi lemak. Ini hanya diet sehat dan seimbang yang memberimu lebih banyak energi, tidak peduli apakah kamu mengonsumsi gluten atau tidak. Tidak ada studi yang mengkonfirmasikan bahwa menghilangkan gluten mengarah ke peningkatan tingkat energi.

Mitos 5: Manusia tidak bisa memetabolisme gluten dengan baik

where to order 270 allegra d.

Fakta: Gluten adalah protein dan semua manusia bisa mencernanya. Tubuh kita memang tidak bisa memecahnya dengan sepenuhnya, tetapi memang karena begitulah cara tubuh kita mencernanya. Banyak makanan yang hanya dipecah sebagian. Gluten telah dikonsumsi oleh manusia dan hewan lain selama ribuan tahun dan sangat sehat.

Mitos 6: Menghilangkan gluten dari dalam diet kita bermanfaat untuk semua orang

Kamagra Flavored for sale, acquire zithromax. Fakta: Diet bebas gluten bukanlah diet sehat alami bagi sebagian besar orang. Kalau kamu melepaskan makanan olahan yang mengandung gluten dan menggantinya dengan makanan olahan bebas gluten, itu tidak akan membuatmu merasa lebih baik atau lebih sehat.

Namun melepaskan banyak makanan olahan yang mengandung gluten akan sangat membantu kesehatanmu. Dan tentu saja, itu bukan karena masalah ada atau tidak adanya gluten di dalamnya, tetapi karena kamu berhenti mengonsumsi makanan olahan.

Mitos 7: Gluten menyebabkan kanker

Fakta: Tidak ada bukti bahwa gluten menyebabkan kanker. Gluten tidak pernah dikaitkan dengan kanker dalam studi apa pun, dibanding banyak makanan lain. Satu-satunya pengecualian adalah untuk orang-orang dengan penyakit celiac. Sebaliknya, kamu harus sangat berhati-hati saat berhenti mengonsumsi gluten karena makanan dengan gluten, seperti gandum utuh, mengandung vitamin dan mineral yang membantu melindungimu dari kanker

Nah, sekarang sudah jelas kan? Kamu tidak perlu takut untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gluten kecuali kamu memang memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten lainnya. Justru sebaliknya, makanan yang mengandung gluten memiliki banyak vitamin lho.

Sumber: idntimes

About A Halia