Cara Mencegah Gigi Berlubang

5-tanda-penting-tentang-kesehatan-gigi-dan-mulutthayyibah.com :: Masalah gigi berlubang adalah masalah yang paling umum terjadi menyerang kesehatan gigi dan mulut. Masalah yang paling banyak dilaporkan ini ternyata sebagian besar menyerang anak-anak dikarenakan makanan yang kurang sehat dan tidak baik dikonsumsi secara terus menerus. Namun kenyataan yang seperti ini tentu bukan berarti membuat orang dewasa tidak bisa terserang masalah gigi berlubang. 1  Kurangi makanan dengan kandungan gula berlebih 

Gula atau glukosa merupakan kandungan yang dapat dengan mudah melekat atau terselip dan tertinggal di sela-sela gigi dan merusak gigi. Hal ini dikarenakan caramel merupakan bahan yang dapat dengan mudah mengundang bakteri perusak email dan susunan gigi. Hal inilah yang diketahui menjadi penyebab gigi berlubang terbanyak. Cara mencegah munculnya gigi berlubang yang pertama kali bisa Anda lakukan adalah menghindari atau mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan gula, caramel ataupun glukosa berlebih. Anjurkan pula larangan ini pada keluarga terutama anak-anak yang cenderung menyukai makanan manis. Makanan manis seperti gulali, permen, coklat dan masih banyak lagi. Cara mencegah gigi berlubang ini juga bisa ditempuh dengan mengganti permen gulali dengan permen xylitol yang justru baik untuk kesehatan gigi.
 2  Biasakan menggosok gigi teratur 
Cara mencegah masalah gigi berlubang yang paling umum adalah dengan menggosok gigi secara teratur dan rutin sesuai jadwal yang dianjurkan oleh para ahli gigi. Anjuran menggosok gigi 2 kali sehari yakni pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Kebiasaan menggosok gigi ini bisa ditingkatkan jika Anda banyak mengkonsumsi makanan yang berpotensi merusak gigi. Cara mencegah munculnya gigi berlubang ini merupakan cara yang paling disarankan oleh ahli masalah gigi manapun
 3  Kurangi konsumsi makanan yang lengket 
Makanan lengket seperti biskuit, daging, roti atau makanan lain yang terbuat dari tepung umumnya akan menjadi lengket jika dikonsumsi dan meninggalkan sisa di gigi. Sisa makanan ini akan jauh lebih sulit dicerna oleh air ludah sehingga bisa bertahan lama dan mengundang bakteri perusak gigi. Anda bisa menempuh cara mencegah gigi berlubang dengan menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan lengket seperti ini.
 4  Biasakan berkumur menggunakan obat kumur 
Melakukan perawatan gigi dengan menggosok gigi secara teratur umumnya diklaim tidak secara sempurna membersihkan gigi dari ancaman kuman. Obat kumur menjadi solusi yang bisa menuntaskan masalah tersebut. Anda bisa menggunakan cara mencegah munculnya gigi berlubang dengan berkumur setiap kali selesai menggosok gigi untuk lebih memantapkan perawatan gigi Anda.
 5  Konsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali 
Cara menghindari gigi berlubang ini merupakan yang paling dianjurkan. Hal ini dikarenakan dengan berkonsultasi dan memeriksakan kondisi kesehatan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali dapat menjadi deteksi dini kerusakan gigi. Dengan deteksi dini yang dilakukan Anda dapat mencegah kerusakan gigi yang parah atau tetap mempertahankan kesehatan gigi. Anda juga bisa meminta saran pada dokter gigi jika diketahui tanda gejala gigi berlubang telah muncul. Sehingga cara mencegah munculnya gigi berlubang ini bisa langsung dilakukan untuk menghindarkan kemungkinan yang lebih buruk pada kesehatan gigi dan mulut Anda.
Sumber: kesehatangigi

About A Halia