Bahaya Menguncir Rambut dan Solusinya

1433761904tight_pony

thayyibah.com :: Menguncir rambut memang cara paling mudah dilakukan untuk menata rambut, terutama untuk yang rambutnya panjang. Kebiasaan ini sering dilakukan karena beberapa hal, seperti saat mau beraktivitas yang mengharuskan banyak gerakan contohnya saat lari.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan menguncir rambut berbahay bagi kesehatan, terutama untuk area kulit kepala. Nah, apa saja bahaya akibat sering kuncir rambut terlalu lama. Berikut beberapa diantaranya.

1. Rambut Rontok

Rambut rontok hal ini terjadi karena kuatnya ikatan rambut dengan kurun waktu yang lama, sehingga akan merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan. Kerontokan rambut normal berkisar di bawah 100 helai rambut per hari, jika melebihi batas normal segera lakukan terapi peremajaan pada rambut.

2. Rambut kering serta pecah-pecah

Hal ini dapat terjadi ketika Anda sering sekali mengikat rambut pada waktu yang lama, sehingga folikel rambut menjadi tegang. Hal tersebut menimbulkan rambut akan terlihat kering dan pecah-pecah.

3. Kulit kepala terasa gatal

Apakah Anda kutuan? jika tidak maka penyebab gatal kulit kepala Anda disebabkan oleh ikatan rambut Anda yang terlalu sering. Folikel rambut yang tertarik saat proses menguncir menimbulkan rasa gatal, sehingga tidak heran jika Anda mengalaminya.

4. Kepala Pusing

Efek lainnya yang sering Anda rasakan yaitu ketika menguncir rambut yaitu rasa pening di kepala. Bukan hal aneh jika Anda merasakannya karenanya folikel rambut yang tertarik secara kuat dan dalam waktu yang lama juga akan menimbulkan kepala terasa berat atau pusing.

5. Rambut bergelombang 

Rambut akan bergelombang karena faktor kebiasaan menguncir rambut pada area yang sama secara terus menerus, hal ini tentu saja menyebabkan penekanan pada area tersebut sehingga lama kelamaan akan megikuti bentuk ikatan atau bergelombang.

Beberapa hal sederhana yang dapat menyelamatkan rambut Anda dari kerusakan akibat kebiasaan menguncir rambut yang salah.

1. Hindari menguncir rambut saat masih basah

Kebiasaan sepele menguncir rambut saat masih basah dapat berakibat fatal bagi kesehatan kulit kepala Anda. Ini terjadi karena saat menguncir rambut dalam keadaan basah menyebabkan rambut tidak memiliki sirkulasi udara yang lancar alias lembap. Rambut yang lembap tentunya memiliki banyak masalah, seperti : menimbulkan gatal pada kulit kepala, munculnya ketombe, serta jamur.

Masalah tersebut tentu saja tidak mau Anda alami, maka dari itu langkah mudah yang dapat Anda lakukan adalah mengeringkan rambut terlebih dahulu ketika akan menguncir, ini dilakukan supaya terjadi sirkulasi pada kulit kepala Anda.

2. Jangan menguncir rambut saat tidur

Kebiasaan menguncir rambut saat tidur mungkin jarang Anda lakukan, tapi sekedar informasi saja bahwa memang menguncir rambut saat tidur berbahaya bagi kondisi rambut sendiri. Alasan ini karena rambut akan terus mengalami tarikan-tarikan atau tegangan yang ujung-ujungnya akan membuat rambut mudah patah dan rontok. Hal baik yang dapat Anda lakukan yaitu membiarkan rambut tergerai dengan bebas.

3. Ubah gaya menguncir rambut Anda

Jika Anda sering melakukan kebiasaan menguncir dengan gaya yang monoton, baiknya segera dihilangkan kebiasaan tersebut. Karena menguncir rambut dengan gaya dan area yang sama dengan jangka panjang  juga akan berakibat kurang baik bagi kesehatan rambut. Ada baiknya Anda melakukan variasi model misalnya mengikat rambut ke samping, itu dilakukan sebagai variasi dari rambut gaya rambut ekor kuda yang sering Anda lakukan.

4. Renggangkan ikatan rambut Anda

Mengikat rambut yang terlalu ketat merupakan pemicu utama penyebab kerontokan pada rambut Anda. Ada baiknya jika Anda mengikat rambut secara renggang untuk menghindari tarik menarik yang kuat antara rambut dengan kulit kepala, alternatif lainnya Anda dapat juga menggunakan jepit rambut.

Kendati demikian menjaga kesehatan rambut adalah hal yang sangat berarti khususnya kaum hawa, menguncir rambut memang perlu tetapi ada caranya.

About A Halia