Breaking News
Woman drinking water from glass

Masihkah Minum Sambil Berdiri?

 

Woman drinking water from glass, close-up, profile

 

thayyibah.com :: Saat haus anda tentu membutuhkan air untuk melepas dahaga. Terlebih sehabis olahraga biasanya kita akan kehilangan banyak cairan, sehingga membutuhkan air putih, namun tahukah anda bahwa minum air sambil berdiri itu dilarang? Untuk lebih mengetahui alasan pelarangan minum sambil berdiri, lanjutkan membaca artikel efek samping minum sambil berdiri yang harus anda ketahui agar anda tidak melakukan hal tersebut lagi.

Kita mungkin pernah meminum air sambil berdiri karena sudah tidak tahan dengan dahaga yang menyerang. Untuk itu, teruskan membaca artikel di bawah ini kenapa minum sambil berdiri di larang. Walaupun islam juga melarang umatnya untuk minum sambil berdiri karena itu berbahaya. Lebih jelas mengenai bahayanya, simak pembahasan berikut.

Bahaya Minum Sambil Berdiri Dalam Hadist Yang Dibenarkan Oleh Para Ilmuan

Tidak hanya Rasulullah yang melarang umatnya minum sambil berdiri. Ilmu kedokteranpun juga melakukan hal yang sama. Minum sambil berdiri akan menyebabkan luka pada dinding lambung, karena minum sambil berdiri akan menyebabkan air berjatuhan secara keras sekali. Seperti kaca yang di lempar batu. Sehingga lambung menjadi kendur dan pencernaan akan terganggu dan  tidak akan mampu bekerja secara maksimal.

Berikut penjelasan hadistnya

Dari hadistnya Anas Radhiyallahu anhu dari Nabi Muhamad shallallahu ‘alaihi wasalam:

“Sesungguhnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seseorang untuk minum sambil berdiri”. Qatadah (seseorang tabi’in) berkata : “kami bertanya pada Anas, bagaimana dengan makan sambil berdiri? Anas menjawab, “Yang demikian itu lebih jelek dan lebih buruk.” (HR. Muslim).

Hadist muslim di atas tentu tidak mungkin diragukan kebenarannya. Hal ini karena semua hadist yang dimuat dalam kitab shahih muslim memiliki kualitas shohih. Tidak hanya hadis di atas yang melarang minum sambil berdiri karena berbahaya. Banyak hadist lain yang juga melarang makan dan minum sambil berdiri. Seperti hadis Sunan Abu Daud 1 hadis, JMI’/Sunan at-Tirmidzy 2 hadis,Muwatha Malik 4 hadis dan masih banyak lagi hadist lain yang juga berisikan pelarangan minum sambil berdiri.

Jika anda beragama islam, sekecil dan seremeh apapun sesuatu menurut sudut pandang kita. Hal itu tidak akan pernah lepas dari pandangan islam. Karena islam selalu memberikan petunjuk dan kebaikan bagi umatnya. Tidak hanya hadist yang mengatakan demikian. Para ulama juga berkata bahwa minum sambil duduk lebih diutamakan daripada minum sambil berdiri. Hal ini menurut hadist Nabi SAW,

“Janganlah di antara kalian minum smabil berdiri, maka siapa yang kelupaan hendaklah menumpahkan apa yang diminumnya itu” (HR. Muslim).

Menurut Ibnu Qoyyim ada beberapa akibat fatal minum sambil berdiri, karena kesegaran pada tubuh tidak mampu diberikan secara optimal, dan air yang dikonsumsi juga tidak akan tertampung oleh lambung. Air yang tidak tertampung oleh lambung akan langsung tumbah ke bawah tanpa disebarkan terlebih dahulu keseluruh tubuh. Pasalnya tubuh terdiri dari air 70 persennya.

Namun jika anda kelupaan untuk minum air sambil duduk, anda harus segera menumpahkan air tersebut. Dan untuk menghindari efek negatif dari kelupaan tadi. Anda diwajibkan untuk menggerak-gerakkan ibu jari kaki.

Lewat artikel ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi anda. yang semula sering minum sambil berdiri, kini jadi berfikir untuk melakukannya kembali.(thayyibah)

Sumber: http://efeksamping.com

 

About A Halia