Amal Bulan Dzulhijjah (Foto : trendtekno.com)

Jangan Sia-Siakan 10 Hari Awal Dzulhijjah

Amal Bulan Dzulhijjah (Foto : trendtekno.com)
Amal Bulan Dzulhijjah (Foto : trendtekno.com)

thayyibah.com :: Alhamdulillah hari ini kita sudah memasuki Bulan Dzulhijjah pada tanggal 15 September 2015. Sekedar mengingatkan, bahwa dalam bulan ini ada beberapa amalan yang penting untuk kita perhatina.

HAJI & UMROH (bagi yang mampu). Amal ini adalah amal yang paling utama. Nabi shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga”.

MEMPERBANYAK PUASA TERUTAMA DI HARI ARAFAH. Disebutkan dalam hadist Qudsi: “Puasa ini adalah untuk-Ku, dan Aku lah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku.”        Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah rahimahullah bahwa Nabi SAW bersabda: “Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”.

BERKURBAN. Diriwayatkan Nabi SAW: “Berkurban dengan menyembelih dua ekor domba jantan berwarna putih dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya dengan menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di sisi tubuh domba itu”. [Muttafaqun ‘Alaihi].

Disunnahkan juga bagi yang berqurban untuk memotong sendiri hewan qurbannya atau melihat proses pemotongan.

SHALAT IED dan MENDENGARKAN KHUTBAHNYA.

TIDAK MEMOTONG RAMBUT & KUKU BAGI YANG BERKURBAN Nabi SAW bersabda: “Jika kamu melihat hilal bulan Dzul Hijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya”.

MEMPERBANYAK TAKBIR dan DZIKIR.

TAUBAT. Disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah itu cemburu, dan kecemburuan Allah itu manakala seorang hamba melakukan apa yang diharamkan Allah terhadapnya”. [Hadits Muttafaqun ‘Alaihi].

BANYAK BERAMAL SHALIH. Seperti : shalat sunah, sedekah, pererat silaturrahim, menebarkan salam, membaca sholawat, menghadiri majelis ilmu, jihad, membaca Al-Qur’an, amar ma’ruf nahi munkar dan lain-lain. (redaksi thayyibah)

About Redaksi Thayyibah

Redaktur