Breaking News

4 Obat Alami Ketika Haid Anda Tidak Lancar

thayyibah.com :: Setiap bulannya, hampir semua wanita menantikan datangnya haid (menstruasi). Haid mungkin tidak akan datang bila Anda sedang hamil atau sudah mengalami menopause. Namun, ada beberapa wanita yang selama beberapa waktu tidak mengalami haid atau haid tidak lancar. Kondisi ini dalam istilah medis dikenal dengan nama amenore, yang merupakan salah satu dari beberapa gangguan menstruasi. Jika ini terjadi pada Anda, ada beberapa pilihan obat tidak haid yang bisa Anda coba.

Obat alami saat haid tidak lancar

1. Wortel

Menurut dr. Christiane Northrup, seorang dokter dan ahli kesehatan wanita sekaligus penulis buku asal Amerika Serikat, penting untuk mendapatkan banyak antioksidan, vitamin C, serta beta-karoten guna meningkatkan keseimbangan hormon dan kesehatan menstruasi.

Salah satu sumbernya bisa Anda dapatkan dari wortel, yang turut menyumbang serat dan nutrisi penting dalam jumlah yang signifikan bagi tubuh.

2. Tomat

Tomat adalah salah satu dari sekian banyak buah yang kaya akan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh Anda. Salah satu khasiat baiknya, yaitu mampu mengobati amenore dan mengatasi haid tidak lancar. Anda bisa mengonsumsi olahan dari tomat dalam bentuk jus atau sup secara teratur setiap hari guna mendapatkan hasil yang optimal.

Tidak hanya itu, dilansir dari laman Livestrong, minum setengah cangkir jus tomat mampu memenuhi 10 persen kebutuhan harian akan vitamin C dan 35 persen kebutuhan harian untuk vitamin A dalam tubuh Anda. Kandungan lainnya dalam tomat yaitu vitamin B, kalium, dan serat.

3. Kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang populer karena memiliki bau yang sedap, rasa manis khas, dan memberikan sensasi hangat pada tubuh saat dikonsumsi.

Efek hangat yang diberikan pada tubuh mampu meredakan kram saat menstruasi, dan yang terpenting efektif untuk mengatasi haid tidak lancar. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsinya, yakni dengan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan segelas susu hangat, lalu minum secara teratur.

4. Kunyit

Dilansir dari Dove Medical Press, kunyit adalah salah satu sumber estrogen yang baik untuk wanita. Maka, kunyit bisa membantu Anda melancarkan haid.

Tak hanya sampai di situ, ternyata selain baik untuk wanita dengan haid tidak lancar, bahan alami ini juga bisa dimanfaatkan khasiatnya untuk mengobati sindrom pramenstruasi (PMS) dan mencegah alergi.

Anda bisa mengonsumsinya dengan mencampurkan kunyit yang telah dihaluskan bersama dengan madu ataupun susu, dan minum setiap pagi hari selama beberapa minggu.

Cara lain untuk mengatasi haid tidak lancar

  • Makan makanan yang bergizi seimbang.
  • Hentikan olahraga berat untuk sementara waktu. Sebagai gantinya, Anda tetap bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan atau sedang.
  • Mengurangi stres.
  • Menjaga berat badan ideal. Pasalnya, pada wanita dengan anoreksia nervosa, kadang siklus haid tidak lancar.
  • Menerapkan gaya hidup sehat. Penting untuk Anda agar selalu menjaga gaya hidup sehat dengan menghindari rokok, tidur yang cukup, dan rutin periksa kesehatan ke dokter.

Namun, jika bahan-bahan alami sebagai obat haid tidak lancar dan beberapa hal seperti yang dianjurkan sebelumnya tidak mempan juga, segera periksa ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa memberi saran dan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah Anda.

Sumber: hellosehat

About A Halia