Breaking News
Hari Jumat

Amalan dan Doa Pada Hari Jum’at

Hari Jumat
Hari Jumat

thayyibah.com :: Amalan dan doa pada hari Jum’at yang sunnah dan berpahala adalah sebagai berikut:

1. Tidak boleh mengkhususkan malam Jum’at dari malam-malam yang lain dengan ibadah yang tertentu. Tidak boleh juga mengkhususkan hari Jum’at dengan puasa yang tertentu, terkecuali pada waktu yang biasa seseorang puasa (yang bertepatan dengan hari Jum’at). [352]

2. Tidak boleh mengkhususkan bacaan dzikir dan doa tertentu, juga membaca surah-surah tertentu baik pada malam maupun hari Jum’at [353] secara umum, kecuali yang memang disyari’atkan.

3. Amal-amal yang disyariatkan dan disunnahkan pada hari Jum’at, adalah:

a) Memperbanyak bacaan shalawat kepada Nabi صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ . [354]

b) Membaca surah Al-Kahfi.

Dari Abu Sa’id al-Khudri RadhiAllâhu ‘Anhu ia berkata, bahwa Nabi Shallallâhu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

٢٢٠ – مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ ٠
“Barang siapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at akan diberikan cahaya baginya di antara dua Jum’at.” [355]

c. Memperbanyak doa.

Nabi Shallallâhu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Pada hari Jum’at ada satu waktu yang bila seorang Muslim shalat dan minta kepada Allah, maka akan dikabulkan.” Lalu beliau mengisyaratkan bahwa waktunya sedikit.” [356]

Dalam riwayat lain diterangkan: “Waktu (terkabulnya doa itu) antara duduk imam hingga selesai shalat.” [357]

Dalam riwayat lainnya dari Jabir RadhiAllâhu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallâhu’ Alaihi wa Sallam bersabda: “Carilah (waktu dikabulkannya doa) di akhir waktu sesudah Ashar pada hari Jum’at.” [358]

d) Shalat Jum’at berjamaah.

Amal paling utama dan wajib pada hari ini adalah shalat Jum’at berjamaah, bersama kaum Muslimin, dan Nabi Shallallâhu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan mandi sebelumnya.

Adapun berbagai keutaman serta kewajiban pada hari Jum’at bisa dilihat pada kitab Zâdul Ma’âd (I/364-440) karya Imam Ibnu Qayyim al-Jauzaiyyah.
[352]. Shahih: HR. Muslim (no. 1144 [148]).

[353]. Misalnya membaca surah Yasin, Al-Wâqi’ah, dan Ar-Rahmân atau wirid-wirid tertentu yang tidak ada satu pun riwayat shahih tentangnya.

[354]. Hasan: HR. Abu Dawud (no. 1047), an-Nasai (III/91, 92). Disunnahkan membaca shalawat kepada Nabi pada malam dan hari Jum’at. HR. Al-Baihaqi (III/249) dari Anas RadhiAllâhu ‘Anhu. Lihat Silsilah al-Ahâdîts ash-Shahîhah (no. 1407).

[355]. Shahih: HR. Al-Hakim (II/368) dan al-Baihaqi (III/249). Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Irwâ’ul Ghalîl (no. 626). Ada riwayat lain dari Abu Sa’id al-Khudri RadhiAllâhu ‘Anhu, dia berkata: “Barang siapa membaca surah Al-Kahfi pada malam Jum’at . . .” HR. Ad-Darimi (II/454), sanadnya mauquf shahih. Lihat Ahâdîtsul Jumu’ah karya Syaikh Abdul Quddus.

Imam asy-Syafi’i menyatakan: “Aku menyukai surah Al-Kahfi untuk dibaca pada malam Jum’at.” Lihat Shahîh al-Adzkâr (I/449). Dengan demikian, disunnahkan bagi kita membaca surah Al-Kahfi pada malam dan hari Jum’at.

[356]. Shahih: HR. Al-Bukhari (no. 935). Dari Abu Hurairah RadhiAllâhu ‘Anhu.

[357]. Shahih: HR. Muslim (no. 853). Dari Abdullah bin Umar RadhiAllâhu ‘Anhuma.

[358]. Shahih: HR. Abu Dawud (no. 1048), an-Nasai (III/99-100).
Oleh: Al-Ustâdz Abu Fat-hi, Yazid bin Abdul Qadir Jawas Hafizhahullâh
Kumpulan Do’a dari Al-Qur-an dan As-Sunnah yang Shahih, Bab Doa Terkait Adab dalam Islam – Amalan dan Doa pada Hari Jum’at, Halaman 296-298, Pustaka Imam Syafi’i, Cetakan XI: Dzulqa’dah 1436 H/September 2015 M (put/thayyibah)

About Lurita

Online Drugstore,cialis next day shipping,Free shipping,order cialis black,Discount 10%, dutas buy online