Breaking News

Yang Paling Dikhawatirkan Rasulullah atas Ummatnya

Muhammad_by_frizdan

thayyibah.com :: Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa sallam adalah Nabi akhir zaman, tidak ada Nabi lagi setelahnya. Hal ini telah dijelaskan oleh Allah subahnahu wa ta’ala dalam surat Al Ahzab (33) ayat 40:

“Muhammad itu bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kalian (shahabat), tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Nabi Muhammad juga menegaskan hal tersebut dengan sabda beliau :

Dari Furat Al Qazaz berkata, aku mendengar Abu Hazim berkata; “Aku hidup mendampingi Abu Hurairah radliallahu ‘anhu selama lima tahun dan aku mendengar dia bercerita dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang bersabda: “ (Kehidupan) Bani Isra’il selalu dipimpin oleh para Nabi, bila satu Nabi meninggal dunia, akan dibangkitkan Nabi setelahnya. Dan sungguh tidak ada Nabi setelahku. Yang ada adalah para khalifah yang jumlahnya banyak“. Para shahabat bertanya; “Apa yang engkau perintahkan kepada kami?”. Beliau menjawab: “Penuhilah bai’at kepada khalifah yang pertama (lebih dahulu diangkat), berikanlah hak mereka karena Allah akan bertanya kepada mereka tentang pemerintahan mereka”. (Shahih. Shahih Bukhari (3455), Shahih Muslim (1842) )

Nabi Muhammad dipuji oleh Allah dengan sifatnya yang mulia,di antaranya ialah kepekaan dan perhatian beliau kepada umatnya. Allah berfirman :

“Sungguh telah datang kepada kalian seorang Rasul dari kalangan kalian sendiri, dia merasa berat (ikut menderita) atas penderitaan yang menimpa kalian, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi sayang terhadap orang-orang mukmin.” (QS. AtTaubah (9) : 128)

Di antara bukti perhatian beliau kepada umatnya,beliau sering menyampaikan kekhawatiran beliau atas hal-hal yang dapat menimpa umatnya.Di antara hal-hal yang paling dikhawatirkan beliau ialah:

1. Riya’ dan syahwat yang tersembunyi

Dari Mahmud bin Labid bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya yang paling aku khawatirkan dari kalian adalah syirik kecil.” Mereka bertanya: Apa itu syirik kecil wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Riya`, Allah ‘azza wajalla berfirman kepada mereka pada hari kiamat saat orang-orang diberi balasan atas amal-amal mereka: Temuilah orang-orang yang dulu kau perlihat-lihatkan di dunia lalu lihatlah apakah kalian menemukan balasan disisi mereka?” (Hadits Shahih. Musnad Ahmad (23630 dan 23636))

Pernah Syaddad bin Aus menangis, lalu ada yang bertanya kepadanya, “Apa yang membuat engkau menangis?”, dia menjawab, ” (yang membuat aku menangis ialah) suatu hal yang saya dengar dari sabda Rasulullah, ingatanku pada hal itu membuatku menangis, yaitu saya mendengar Rasulullah bersabda: “Saya sangat khawatir kesyirikan dan syahwat yang tersembunyi menimpa umatku.” (Syaddad bin Aus Radliyallahu’anhu) berkata; saya bertanya; “Wahai Rasulullah, apakah umatmu akan melakukan kesyirikan setelah engkau ?.” Beliau menjawab, “Ya, namun mereka bukannya menyembah matahari, bulan, batu atau berhala tapi mereka melakukan riya’ dalam amalan-amalan mereka dan (godaan) syahwat yang tersembunyi; pagi hari dalam keadaan puasa lalu muncul godaan syahwat yang hingga dia meninggalkan puasanya.” ( Hadits Shahih. Musnad Ahmad (17120))

Dari Abu Sa’id dia berkata, ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah keluar bersama kami, sementara kami saling mengingatkan tentang Al Masih Ad Dajjal, maka beliau bersabda: “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang sesuatu yang lebih aku khawatirkan terhadap diri kalian daripada Al Masih Ad Dajjal ?” Abu Sa’id berkata, “Kami menjawab, “Tentu.” Beliau bersabda: “Syirik yang tersembunyi, yaitu seseorang mengerjakan shalat dan membaguskan shalatnya dengan harapan agar ada seseorang yang memperhatikannya.” (Hadits Hasan. Sunan Ibni Majah 4204, dihasankan Al Abani dalam Al Misykah (5333))

2. Adanya orang-orang munafiq yang pandai bicara

Dari Umar Bin al Khaththab bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya yang paling aku khawatirkan atas umatku adalah setiap munafiq yang pandai bicara.“ (Hadits shahih. Musnad Ahmad (143))

3. Adanya pemimpin/tokoh yang menyesatkan

Dari Tsauban berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Yang aku khawatirkan atas umatku adalah pemimpin-pemimpin yang menyesatkan.” (Hadits Shahih. Musnad Ahmad (22393, 22394), Sunan at Tirmidzi (2229), Sunan Ad Darimi (215), dan lainnya).

Dari Ziyad bin Jadir, ia berkata : Umar berkata kepadaku : “Apakah kamu tahu hal-hal yang dapat merobohkan Islam? “, aku berkata : “tidak”, Umar berkata : “yang dapat merobohkan Islam adalah ketergelinciran ahli ilmu, kepintaran orang munafiq dalam bersilat lidah dengan Al Kitab, dan hukum yang ditetapkan oleh para pemimpin yang menyesatkan”. (Shahih mauquf. Sunan Ad Darimi (220))

4. Godaan yang berasal dari kesenangan dunia

Dari ‘Iyadh bin Abdillah bin Sa’ad, bahwa ia mendengar Abu Sa’id Al Khudhri berkata: Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berdiri dan menyampaikan khutbah di depan manusia. Beliau berkata: “Demi Allah, tidak ada sesuatu yang lebih aku khawatirkan menimpa kalian selain daripada kenikmatan dunia yang Allah lapangkan untuk kalian. Seorang sahabat bertanya: Wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, apakah harta yang didapat dari jalan yang baik juga bisa mendatangkan keburukan? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam terdiam sesa’at, lalu beliau berkata: Apa yang engkau tanyakan?, Dia berkata: akupun mengulangi pertanyaanku; Wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, apakah harta yang didapat dari jalan yang baik juga bisa mendatangkan keburukan? Beliau menjawab: Sesungguhnya kebaikan yang hakiki hanya akan membuahkan kebaikan, apapun kebaikan tersebut. Sesungguhnya semua tanaman yang tumbuh di musim semi hanya akan membinasakan hewan-hewan yang rakus yang melahap semua jenis tumbuhan atau minimal akan membuatnya sekarat, kecuali hewan yang hanya memakan sayur-sayuran saja. Ia makan, lalu jika kedua sisi perutnya telah penuh dengan makanan iapun menghadap matahari untuk buang air besar dan kecil, kemudian ia kembali mengunyah makanan lagi dan menelannya. Maka barangsiapa yang mengambil harta yang menjadi haknya maka akan diberikan keberkahan kepadanya, Dan barangsiapa yang mengambil harta yang bukan menjadi haknya maka ia adalah seperti hewan yang selalu makan dan tidak pernah merasa kenyang“. (Hadits Shahih. Shahih Muslim (1052))

5. Merajalelanya perilaku homoseksual dan lesbian

Dari Muhammad bin Aqil, bahwasanya ia mendengar Jabir berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya yang paling aku khawatirkan terjadi di kalangan umatku adalah perilaku kaum Luth (homoseksual/lesbian)”. (Sunan At Tirmidzi (1457), At Tirmidzi menyatakan bahwa hadits ini hasan gharib, Sunan Ibni Majah (2563), dihasankan oleh Al Albani dalam Shahih at Targhib wat-Tarhib (2417))

6. Ahli Al Quran yang menyimpang yang akhirnya memerangi saudara muslim sendiri dan mudah menuduhnya dengan tuduhan buruk

Hudzaifah berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya hal yang paling aku khawatirkan atas umatku adalah seseorang yang membaca Al Quran hingga saat ia terlihat kebagusannya di dalamnya (Al Quran) dan menjadi pembela Islam, ia lalu melepaskan diri dari Al Quran dan melemparkannya ke belakang punggungnya, serta ia memerangi tetangganya dengan pedang dan menuduh tetangga tersebut berbuat syirik. Hudzaifah bertanya:“wahai Nabiyullah, antara penuduh dan yang dituduh tersebut mana yang lebih pantas dianggap berbuat syirik ? Nabi bersabda:“ (justru) penuduh itu yang lebih pantas”. (Hadits Hasan. Diriwayatkan Al Bukhari dalam At Tarikh 4/7/29301, Tafsir Ibnu Katsir II/265 ( Abu Ya’la dalam al Musnad Al Kabir), dan lainnya. Ibnu Katsir menyatakan bahwa sanadnya jayyid (baik), lih. Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah lil-Al Albani (3201))

7. Muslim yang tidak bisa menjaga lisan

Sufyan bin Abdillah Ats Tsaqafi berkata : “Aku berkata : ‘ wahai Rasulullah, apa yang paling engkau khawatirkan atas diriku ?’, beliau lalu memegang lidah beliau sendiri serta berkata : ‘(lidah) ini’.” (Hadits shahih. Musnad Ahmad (15419), Sunan At Tirmidzi (2410))

8. Kepercayaan kepada ramalan (nujum),Ketidakpercayaan terhadap takdir,dan kedholiman penguasa

Dari Thalhah bin Musharrif secara marfu’ hingga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda : “Sesungguhnya hal yang paling aku khawatirkan atas umatku di akhir zaman adalah tiga hal : kepercayaan kepada ramalan (nujum), mendustakan takdir, dan kedholiman penguasa”. (Hadits Hasan. As Sunan al waridah fil Fitan li Utsman bin Sa’id ad Dani 282)

9. Fitnah wanita

Dari Usamah bin Zaid ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sepeninggalku, fitnah (kerusakan) yang paling berbahaya (mengkhawatirkan) atas lelaki adalah (godaan/syahwat) wanita” (Hadits Shahih. Shahih Bukhari (5096), Shahih Muslim (2740), Shahih Ibni Hibban (5970) dengan lafadh akhwaf, dan lainnya)

wallahu a’lam…

Oleh : Abu Hasan Saif, S.Pd.I

About A Halia