Breaking News
(Foto : Republika)

Ibu Nyusui

Oleh: Gus Nur

(Foto : Republika)

Suatu saat ada seorang ibu maen ke rumah. Ngobrol sama istri sampai unlimited character. Karena rumah saya ukuran minimalis, kedengeran telinga banter banget. Ada yang curhat, “anak saya kalo sama bapaknya diem. Tapi kalo sama saya kok rewelnya banget, minta nyusu terus…”

 

Saya heran, menyusui anak sendiri kok jadi bahan curhat. Tapi ya pantes lah kalo ibuk-ibu. Belum lagi ngadepin bapak-bapak yang juga rewel.

Eniwey, memang sering sih kejadian gitu. Anak rewel terus sama ibunya dan maunya cuma nyusu saja sampe si ibu uring-uringan. Itu karena beberapa hal.

  1. Si ibu kurang bersyukur.

Mungkin dia lupa kalo ASI yang diminum bayinya yang lalu menjadi darah daging itu adalah amal jariyah yang paling besar yang dia lakukan. Ketika darah daging itu dipake sholat, si ibu dapat jariyahnya. Ketika darah daging itu dipake beramal sholeh, si ibu dapat royalti pahala-nya. Maka harusnya disyukuri, bukan malah dijadikan topik curhat.

  1. Salah niat.

Ibu-ibu akhir jaman seringnya menyusui bayinya agar cepet tidur. Makanya ketika besar hobinya tidur.  Waktunya sidang malah tidur. Bangun-bangun malah ngutang .. eh!

 

Maka beda dengan emak-emak generasi jaman old, kalo menyusui pake bismillah dulu, plus doa-doa  pengharapan yang baik. “Ya Allah, jadikan ASI saya ini barokah bagi si bayi, bikin dia sehat, rajin ngaji rajin sholat bla bla bla…”

 

  1. Salah komunikasi

 

Si anak rewel itu seringkali karena salah komunikasi. Dia hanya enjoy pas lagi nyusu. Diluar itu sama sekali nggak menikmati. Kenapa? Karena bentuk komunikasi si ibu cuma marah-marah mulu, atau gak ada pola komunikasi yang bisa bikin anak seneng. Makanya si anak cuma seneng nyusu saja.

  1. Si ibu kurang ngopi

Yes. Karena kopi mengandung hormon endorfin yang bisa menenangkan dan memicu rasa bahagia. Jadi kalo ngerasa kurang bahagia segera ngopi saja.

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur