Breaking News
(Foto : GoRiau)

Mulia Dunia Akhirat dengan Alquran

Oleh: Gus Nur

(Foto : GoRiau)

Bersyukur, hari Jumat kemarin jadi bagian dari peresmian rumah waqaf untuk kegiatan belajar Alquran, Baitul Quran Daarud Dzikr. Walaupun bagian saya cuma pasang spanduk doang, Alhamdulillah spanduk saya aman-aman saja nggak diturunin massa.

Karena tahun ini aneh banget. Banyak yang takut spanduk. Spanduk Habib di tanah pribadi yang begaya foto KTP doang diturunin. Lah, foto cewek ngumbar aurat dijalanan dibiarin. Foto pak mentri yang korupsi dan ngerayain hari anti korupsi didiemin. Kata bang Haji, “sungguh terlalu…”

Eniwey, jadi keingetan. Duluuuu banget, pernah ada sohib yang kalo makan, ngopi pasti saya yang bayarin. Hobinya ngaji terus sampe kayak gak mikir dunia. Saya sempat nasihatin, “ente itu harus kerja serius lah… masak ngaji terus kerjanya nggak diserusin?”

Dia tetep saja milih serius ngaji, kerjanya acak-acakan. Tapi ternyata sekarang hasilnya beda. Dia rumah ada, mobil punya, umroh sudah, masih ngaji dan ngajar ngaji, dan hafal 30 juz. Sementara yang nasihatin cuma juz 30, itupun sering blank.

Kmaren malah ada yg nasihatin, “Gus, jualan kopi ajah kagak usah bawa dalil segala”.

Ndengerinnya kayak saya jaman dulu yang lagi nasihatin temen.

Betewe, rejeki itu sesuatu yang unik. Apa yang sampai pada kita pasti sesuai dengan jatah kita.

Tapi bagaimana rejeki itu bermanfaat pada kita sesuai dengan amalan yang kita persembahkan pada Rabb kita.

Mungkin saja penghasilan kita tinggi, tapi ketika hanya bertumpu pada keringat kita sendiri maka tidak akan cukup buat mengatasi kegalauan hati, kerumitan hidup atau masalah-masalah yang menerpa.

Tapi ketika dibarengi dengan tahajjud, sholat dhuha, infaq, dakwah, dan lain-lain, maka sekecil apapun pendapatan kita akan dirasakan cukup dan tidak akan ada gejolak-gejolak masalah dalam keluarga kita.

Karena lagi-lagi yang memberikan kemudahan-kemudahan itu bukan rejeki kita, tapi Sang Pemberi Rejeki. Sehingga dialah yang kita dekati, bukan rejekinya kita kejar mati-matian.

Kemarin ketika kaum sumbu pendek mengangkat tagar #BoikotJNE hanya karena deket UAS dan Babe Haikal, orang jadi tahu kalo dia itu muallaf yang bertekad bikin 99 masjid. Dan sebuah quote bagus dari salah satu presdirnya, “Jangan takut dengan kompetitor selama dia tidak bersedekah dan tidak mengasuh anak yatim”.

That must be our way too.

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur