Tan Su Ke

Oleh : Joko Intarto

Apa nama warung paling legendaris di Jalan Garuda Kemayoran, Jakarta Pusat?  Anda pasti sepakat dengan saya: Tan Su Ke alias Warung Ketan Susu Kemayoran.

Tan Su Ke adalah salah satu warung tertua di ujung gang pemukiman padat persis di sebelah Mapolrestro Jakarta Pusat itu.

Saya sudah mendengar ketenaran Tan Su Ke sejak lama. Namun baru menikmatinya dua pekan ini.

Tan Su Ke sejatinya warung makan sederhana. Jualan utamanya adalah nasi ketan yang disajikan dengan parutan kelapa. Bagi yang senang manis, bisa minta disiram kental manis.

Dulu kental manis disebut dengan susu kental manis. Lantaran terbukti tidak mengandung susu, namanya harus diubah agar tidak menyesatkan konsumen, menjadi kental manis saja. Meski demikian, nama warungnya tetap Tan Su Ke, tidak ikut berubah menjadi Tan Ken Ke.

Camilan selain nasi ketan adalah tempe goreng, singkong goreng, ubi goreng, pisang goreng dan (kadang-kadang) ada sukun goreng.

Harga makanan di Tan Su Ke tergolong ramah dengan kantong. Pagi ini saya membayar Rp37 ribu untuk dua porsi ketan susu, satu porsi ketan tanpa susu, delapan potong tempe goreng, dua potong singkong goreng dan tiga gelas teh tawar.

Ada yang pernah ke sini?

About Redaksi Thayyibah

Redaktur